Langsung ke konten utama

Tugas Kedua (hitungan)




TUGAS KEDUA
Selasa, 12 Desember 2017
UJI VALIDITAS, UJI RELIABILITAS, TINGKAT KESUKARAN, DAN DAYA BEDA INSTRUMENT TES

1.      UJI VALIDITAS
Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukan tingkat kevalidan suatu instrumen yang valid berarti instrumen penelitian tersebut dapat mengukur apa yang seharusnya diukur cara menghitung validitas dengan menggunakan rumus

2.      UJI RELIABILITAS
Reliabilitas kata reliabel yang berarti dapat dipercaya atau dapat diandalkan sehingga reliabilitas sama dengan konsisten atau keajekan. ( Sukardi: 2003 : 127). Reliabilitas berkaitan dengan ketetapan hasil/data dari suatu instrumen jika dilakukan beberapa kali. Adapun rumus yang digunakan untuk mencari reliabilitas.

3.      TINGKAT KESUKARAN
Tingkat kesukaran instrumen adalah besaran yang digunakan untuk menyatakan apakah suatu soal termasuk dalam kategori mudah, sedang, atau sukar. Tingkat kesukaran instrumen dapat diperoleh dengan mencari indeks kesukaran.
Tingkat kesukaran soal adalah peluang untuk menjawab benar suatu soal pada tingkat kemampuan tertentu yang biasa dinyatakan dengan indeks. Indeks biasanya dinyatakan dengan proporsi yang besarnya antara 0,00 sampai dengan 1,00. Semakin besar indeks kesukaran berarti soal tersebut semakin mudah. Cara menghitung tingkat kesukaran dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Keterangan:
P = Tingkat Kesukaran
∑ B = JumlahPesertaDidik yang MenjawabBenar
N = JumlahPesertaDidik
4.      .  DAYA BEDA
Daya beda soal adalah kemampuan suatu soal untuk membedakan antara peserta didik yang pandai (menguasai materi) dengan peserta didik yang kuarang pandai (kurang/tidak menguasai materi).
Logikanya adalah peserta didik yang pandai tentu akan lebih mampu menjawab dibandingkan dengan peserta didik yang kurang pandai.
Indeks daya pembeda biasanya dinyatakan dengan proporsi. Semakin tinggi proporsi itu, maka semakin baik soal tersebut membedakan antara peserta didik yang pandai dengan peserta didik yang kurang pandai. Untuk menguji daya pembeda. (DP) ini perlu menempuh langkah-langkah sebagai berikut :
Menghitungdayapembedasoaldenganrumus:
DP
Keterangan:
DP     =  DayaPembeda
KB=  Jumlahpesertadidik yang gagaldarikelopokbawah
KA=  Jumlahpesertadidik yang gagaldarikelopokatas
Soal-Soal:
1.      Seorang guru PPKN Kelas XII SMAN 20 Kota Mataram sedang melakukan uji coba instrumen tes kognitif yang telah disusunnya. Rencananya, instrumen tes tersebut akan digunakan untuk Ujian Akhir Semester Gasal 2016/2017. Uji coba dilakukan di kelas sampel (XIIA) yang jumlah siswanya 10 orang. Setelah dilakukan test and retest diperoleh data berikut:
No. Siswa
Test
Re-Test
No. Siswa
Test
Re-Test
1
65
70
21
75
60
2
60
75
22
75
65
3
55
70
23
70
75
4
50
75
24
60
60
5
45
60
25
75
65
6
65
65
26
65
60
7
40
65
27
50
65
8
45
65
28
55
60
9
70
60
29
65
60
10
65
60
30
60
65
Berdasarkan data di atas, maka lakukanlah uji validitas dan reliabilitas instrumen tes dengan menggunakan taraf signifikansi 1%.
2.      Data di atas (nomor 2) diperolehdariinstrumentes yang terdiridari 20 item. Hasil re-test menunjukkan data sebagaiberikut:
No.Resp.
Nomor Item Tes
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
1
1
0
1
0
1
0
0
0
1
1
0
1
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
2
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
3
0
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
0
1
0
0
1
1
1
0
0
1
0
0
1
4
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
5
0
0
0
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
6
1
0
1
0
1
0
1
1
0
0
0
1
0
1
0
1
1
1
0
0
1
0
0
1
0
1
0
0
1
1
7
1
0
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
8
0
1
1
1
0
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
9
1
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
10
0
1
0
0
1
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1
1
0
0
1
0
0
1
1
1
0
0
1
0
0
1
11
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
12
1
1
1
1
0
1
0
0
0
1
1
0
1
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
13
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
0
14
1
0
0
0
1
0
0
0
0
1
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
0
15
1
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
16
1
1
1
1
0
1
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
17
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
18
0
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
0
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
1
19
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
20
0
0
0
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
0



JawabanSoal:
Ø  UjiValiditas
1
135
135
12.5
6,5
156.25
42,23
6601,5625
2
135
140
125
11,5
156.25
132,25
206.640.625
3
125
145
2,5
16,5
6,25
172,25
17.015.625
4
125
120
2,5
-8,5
6,25
72,25
4.515.625
5
105
140
17,5
11,5
306.25
132,25
405.015.625
6
130
125
7.5
-3,5
56,25
12,25
6.890.625
7
105
115
17,5
-13,5
306,25
182,25
558.140.625
8
110
115
12,5
-13,5
156.25
182,25
284.765.625
9
130
125
7.5
-3,5
56,25
12,25
6.890.625
10
125
125
2,5
-3,5
6,25
12,25
765.623
Σ
122.5
128,5
0
0
1212,5
 1052,5
 55665.625








                                                                       
Σxy­      =                      55665.625                                          

=          55814,0625
            1129.670859144379
0,765 =  49,40737
Г11 = 2x rxy = 2 x 49,40737
            1 + r  = 1 + 41,40737
            = 2x = 98,81474           = 1.96032
                        50.40737


Ø  UjuReliabilitas
Ø  Tingkat Kesukaran



1
P =  = 0,55
16
P =  = 0,25
2
P =  = 0,3
17
P =  = 0,4
3
P =  = 0,55
18
P =  = 0,6
4
P =  = 0,5
19
P =  = 0,75
5
P =  = 0,7
20
P =  = 0,75
6
P =  = 0,8
21
P =  = 0,8
7
P =  = 0,55
21
P =  = 0,7
8
P =  = 0,35
23
P =  = 0,4
9
P =  = 0,1
24
P =  = 0,35
10
P =  = 0,5
25
P =  = 0,4
11
P =  = 0,45
26
P =  = 0,6
12
P =  = 0,6
27
P =  = 0,65
13
P =  = 0,7
28
P =  = 0,65
14
P =  = 0,5
29
P =  = 0,7
15
P =  = 0,35
30
P =  = 0,6



Ø  Daya Beda





RENKING

RESPONDEN

RESPONDEN
SKOR
KELOMPOK

1
2
3
4
5
6
7
dsb
1
19
3
20





KA
0







2
12
12
20








3
20
16
20








4
18
1
19








5
16
18
19








6
15
4
18








7
16
11
18








8
16
19
18









9
15
5
16








10
14
7
16








11
18
8
16






KB








12
20
20
16
13
13
6
15
14
14
9
15
15
15
15
15
16
20
10
14
17
13
14
14
18
19
13
13
19
18
17
13
20
16
2
12















DP



1
DB =  = 0,8
16
P =  = 1,5
2
DB =  = 2
17
DB=  = 7
3
DB =  = 4,
18
DB =  = 2
4
DB =  = 1,8
19
DB=  = 2
5
DB =  = 0,
20
DB =  = 0,90
6
DB =  = 1,3
21
DB=  = 0,67
7
DB =  = 1,2
22
DB =  = 1,16
8
DB =  = 1,33
23
DB =  = 0,5
9
DB =  = ~
24
DB =  = 0,5
10
DB =  = 2,3
25
DB =  = 2,5
11
DB =  = 3,5
26
DB =  = 1,4
12
DB =  = 1
27
DB =  = 1,6
13
DB =  = 1
28
DB =  = 1,16
14
DB =  = 0,42
29
DB =  = 1
15
DB =  = 0,4
30
DB =  = 1,16


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...

INSTRUMEN PENILAIAN TES KOGNITIF PILIHAN GANDA DAN URAIAN

TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN (Selasa, 17 Oktober 2017) Nama keompok Nama Nur fauziah Nim E1B115051 No hp 082342350913 E-mail nurfauziah09091995@gmail.com Nama Nur Hidayatullah Nim E1B115052 No hp 085237593452 E-mail nurhidayatullah0904nur@gmail.com Nama Tajuddin Nim E1B115069 No hp 085338280423 E-mail 3112tajuddinpkn94@gmail.com PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2017/2018 Nama : Tajuddin Nim    : E1B115069 E-mail:3112tajuddinpkn94@gmail.com                        ...