Langsung ke konten utama

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)



Nama
Nur Hidayatullah
NIM
E1B115052

Tugas 7 evaluasi pembelajaran
Selasa, 31 oktober 2017

Soal:
Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6)

Jawab:
KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016)
A.    Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat
1.      Sebab
Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis
Akibat
Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional
a.       Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan hubungan sebab akibat.
b.      Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c.       Pernyataan benar, alasan salah.
d.      Pernyataan salah, alasan benar.
e.       Pernyataan dan alasan, keduanya salah.

2.      Sebab
Hakikat nusantara adalah keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh dan menyeluruh
Akibat
Hal tersebut berarti bahwa setiap warga masyarakat dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, secara utuh dan menteluruh  demi kepentingan bangsa dan negara
a.       Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan hubungan sebab akibat.
b.      Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c.       Pernyataan benar, alasan salah.
d.      Pernyataan salah, alasan benar.
e.       Pernyataan dan alasan, keduanya salah.

3.      Sebab
Aspek trigatra wawasan nusantara mencangkup letak dan bentuk geografis, keadaan penduduk, keadaan dan kekayaan alam
Akibat
Didala sumber daya alam harus diolah atau dimanfaatkandengan prinsip atau asas-asas anatara lain asas maksimal, asas lestari, asas berdaya saing
a.       Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan hubungan sebab akibat.
b.      Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c.       Pernyataan benar, alasan salah.
d.      Pernyataan salah, alasan benar.
e.       Pernyataan dan alasan, keduanya salah.

4.      Sebab
Pada aspek pancagatra wawasan nusantara, terdapat aspek ideologi. Ideologi suatu negara diartikan sebagai guiding of principles atau prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa. Ideologi adalah  pengetahuan dasar atau cit-cita.
Akibat
Ideologi adalah konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diperjuangkan dalam kehidupan nyata
a.       Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan hubungan sebab akibat.
b.      Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c.       Pernyataan benar, alasan salah.
d.      Pernyataan salah, alasan benar.
e.       Pernyataan dan alasan, keduanya salah.

5.      Sebab
Hubungan antara gatra dalam pancagatra, setiap gatra dalam pancagatra memberikan konstribusi tertentu pada gatra-gatra lain dan sebliknya setiap gatra menerima konstribusi dari gatra-gatra lain secara terintegrasi
Akibat
Di dalam pancagatra terdapat ideology, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, letak dan bentuk geografis, kedaan penduduk, keadaan dan kekayaan alam
a.       Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan hubungan sebab akibat.
b.      Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c.       Pernyataan benar, alasan salah.
d.      Pernyataan salah, alasan benar.
e.       Pernyataan dan alasan, keduanya salah.

6.      Sebab
Pelajaran wawasan nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntunan bagi setiap individu bangsa Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntunan bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia.
Akibat
Dengan demikian, NKRI dan wawasan nusantara merupakan satu paket dalam kehidupan nasional guna mewujudkan ketahanan nasional yang tidak bisa tergantikan dengan yang lainnya.
a.       Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan hubungan sebab akibat.
b.      Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c.       Pernyataan benar, alasan salah.
d.      Pernyataan salah, alasan benar.
e.       Pernyataan dan alasan, keduanya salah.


B.     Contoh soal pilihan ganda pola 123
1.      (1)penyelenggaraan kehidupan masyarakat
(2) berbangsa
(3) bernegara)
Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara oleh Tap MPR thn 1999 dari cara pandang da sikap bangsa indonesia adalah
a.       (1),(2),(3), benar
b.      (1),(2) benar
c.       (1),(3) benar
d.      (2),(3)benar

2.      (1) kepentingan yang sama
(2)kedadilan, kerjasama
(3)kejujuran, solidaritas
Yang termaksud dari asas wawasan nusantara aialah..
a.       (1),(2),(3), benar
b.      (1),(2) benar
c.       (1),(3) benar
d.      (2),(3)benar

3.      (1) kebijakan
(2) keputusan
(3) tindakan
Yang termaksud dalam fungsi wawasan nusanatara adalah…
a.       (1),(2),(3), benar
b.      (1),(2) benar
c.       (1),(3) benar
d.      (2),(3)benar

4.      (1) letak dan bentuk geografis
(2) keadaan penduduk
(3) kedaan dan kekayaan alam
Yang termaksud dalam aspek trigatra wawasan nusantara adalah…
a.        (1),(2),(3), benar
b.      (1),(2) benar
c.       (1),(3) benar
d.      (2),(3)benar

5.      (1) free fight liberalism
(2) etatisme
(3) tidak dibenarkan adanya monopoli
Didalam aspek pancagatra wawasan nusantara dibidang ekonomi, kerakyatan harus menghindari?
a.       (1),(2),(3), benar
b.      (1),(2) benar
c.       (1),(3) benar
d.      (2),(3)benar

6.      (1) ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung pada kemampuan bangsa dan negara dalam mendayagunakan secara optimal gatra alamaiah sebagai modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional.
(2)   Ketahanan nasional adalah suatu pengertian holistic, yaitu suatu tatanan yang utuh, menyeluruh dan terpadu, terdapat salig hubungan antara gatra didlam keseluruhan kehidupan nasional.
(3)   Ketahanan nasional Indonesia bukan merupakan suatu penjumlahan ketahanan segep gatranya, emalinkan suatu resultante keterkaitan yang integrative dari kondisi-kondisi dinamis kehidupan bangsa dibidang ideology, politik, ekonomi, sosial,-budaya, pertahanan dan keamanan.
Dsjdgjs
a.       (1),(2),(3), benar
b.      (1),(2) benar
c.       (1),(3) benar
d.      (2),(3)benar

C.     Contoh soal menjodohkan
1.      Contoh soal pertama
Pernyataan
Istilah dari ahli
Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepualaun dengan semua aspek kehidupan yang beragam
Prof, Wan Usman
Hanz Kohn
Otto Van Baunger
Jacobsen dan Lipman
Jawaban A

2.      Contoh soal kedua
Ppernayaan
Bentuk asas dari
Ketika menegakkan dalainn merebut kemerdekaan, kepentingan, bersama bangsa Indonesia adalah menghadapi penjajah secara fisik dari bangsa
Keadilan
Kejujuaran,
Kerjasama
Kepentingan yang sama
Jawaban D

3.      Contoh soal ketiga
Pernayataan
Merupakan suatu….wawasan nusantara
Mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala aspekkehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan individu, kelompok golongan, suku bangsa atau daerah
Fungsi
Prinsip
Tujuan
Kedudukan
Jawaban C

4.      Contoh soal keempat
Pernyataan
Bentuk prinsip dari
Pengolahan sumber daya alam tidak boleh menimbulkan kerusakan lingkungan, harus menjaga lingkungan
Asas maksimal
Asas lestari
Asas berdaya
Asas budaya
Jawaban B

5.      Contoh soal kelima
Pernyataan
Bentuk hubungan antara gatra
Sangat mempengaruhi jenis, kualitas dan persebaran kekayaan alam dan sebaliknya alam dapat mempengaruhi karaktergeografis
Gatra geografi dan kependudukan
Kependudukandan kekayaan alam
Kekayaan alam dan geografi

Jawaban C

6.      Contoh soal keenam
Pernyataan
Bentuk implementasi dari
Akan menciptakan iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis. Hal tersebut Nampak dalam wujud pemerintah yang kuat, aspiratif, dan terpercaya yang dibangun sebagai kedaulatan rakyat
Dalam kehidupan ekonomi
Dalam kehidupan social
Dalam kehidupan budaya
Dalam kehidupan politik


Jawaban D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...

tugas kelas

Nama Nur hidayatullah NIM E1B115052 Tugas Kelas (Selasa, 19 September 2017) Soal: 1.       Jelaskan hakekat evaluasi, penilaian, pengukuran dan asesmen 2.       Jelaskan prasyarat yang diperlukan pada penilaian evaluasai, penilaian, pengukuran, dan asesmen 3.       Jelaskan hubungan antara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen 4.       Buatlah bagan yang menjelaskan hubungan anatara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen 5.       Jelaskan fungsi formatif, sumatif, dan diagnostic pada pembelajaran PPKn Jawab: 1.       Penjelasannya antara lain: a.        evaluasi adalah proses sistematis unuk menentukan nilai sesuatu yang berupa tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek yang di dasarkan pada krit...