Nama
|
Nur
Hidayatullah
|
NIM
|
E1B115052
|
Tugas
7 evaluasi pembelajaran
Selasa,
31 oktober 2017
Soal:
Susunlah instrument tes
kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta
menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6)
Jawab:
KD 3.7. Menginterpretasi
pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
(kurikulum 2013 revisi 2016)
A.
Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat
1.
Sebab
Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan
Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu
“cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang
serba beragam dan bernilai strategis
Akibat
Dengan mengutamakan persatuan dan
kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan
bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional
a.
Pernyataan
benar, alasan benar dan menunjukan hubungan sebab akibat.
b.
Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan
hubungan sebab akibat.
c.
Pernyataan
benar, alasan salah.
d.
Pernyataan
salah, alasan benar.
e.
Pernyataan
dan alasan, keduanya salah.
2.
Sebab
Hakikat nusantara adalah keutuhan
nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh dan menyeluruh
Akibat
Hal tersebut berarti bahwa setiap warga
masyarakat dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, secara utuh dan
menteluruh demi kepentingan bangsa dan
negara
a. Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan
hubungan sebab akibat.
b. Pernyataan benar,
alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c. Pernyataan benar, alasan salah.
d. Pernyataan salah, alasan benar.
e. Pernyataan dan alasan, keduanya salah.
3.
Sebab
Aspek trigatra wawasan nusantara
mencangkup letak dan bentuk geografis, keadaan penduduk, keadaan dan kekayaan
alam
Akibat
Didala sumber daya alam harus diolah
atau dimanfaatkandengan prinsip atau asas-asas anatara lain asas maksimal, asas
lestari, asas berdaya saing
a. Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan
hubungan sebab akibat.
b.
Pernyataan benar, alasan benar dan tidak menunjukan
hubungan sebab akibat.
c.
Pernyataan
benar, alasan salah.
d.
Pernyataan
salah, alasan benar.
e.
Pernyataan
dan alasan, keduanya salah.
4.
Sebab
Pada aspek pancagatra wawasan nusantara,
terdapat aspek ideologi. Ideologi suatu negara diartikan sebagai guiding of
principles atau prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa. Ideologi adalah pengetahuan dasar atau cit-cita.
Akibat
Ideologi adalah konsep yang mendalam
mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diperjuangkan dalam
kehidupan nyata
a. Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan
hubungan sebab akibat.
b. Pernyataan benar,
alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c. Pernyataan benar, alasan salah.
d. Pernyataan salah, alasan benar.
e. Pernyataan dan alasan, keduanya salah.
5.
Sebab
Hubungan antara gatra dalam pancagatra,
setiap gatra dalam pancagatra memberikan konstribusi tertentu pada gatra-gatra
lain dan sebliknya setiap gatra menerima konstribusi dari gatra-gatra lain
secara terintegrasi
Akibat
Di dalam pancagatra terdapat ideology,
politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, letak dan bentuk
geografis, kedaan penduduk, keadaan dan kekayaan alam
a. Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan
hubungan sebab akibat.
b. Pernyataan benar,
alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c. Pernyataan benar, alasan salah.
d. Pernyataan salah, alasan benar.
e. Pernyataan dan alasan, keduanya salah.
6.
Sebab
Pelajaran wawasan nusantara harus
dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntunan bagi setiap individu bangsa
Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntunan bangsa dan negara kesatuan republik
Indonesia.
Akibat
Dengan demikian, NKRI dan wawasan
nusantara merupakan satu paket dalam kehidupan nasional guna mewujudkan
ketahanan nasional yang tidak bisa tergantikan dengan yang lainnya.
a. Pernyataan benar, alasan benar dan menunjukan
hubungan sebab akibat.
b. Pernyataan benar,
alasan benar dan tidak menunjukan hubungan sebab akibat.
c. Pernyataan benar, alasan salah.
d. Pernyataan salah, alasan benar.
e. Pernyataan dan alasan, keduanya salah.
B.
Contoh soal pilihan ganda pola 123
1. (1)penyelenggaraan
kehidupan masyarakat
(2) berbangsa
(3) bernegara)
Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan
Nusantara oleh Tap MPR thn 1999 dari cara pandang da sikap bangsa indonesia
adalah
a. (1),(2),(3),
benar
b. (1),(2)
benar
c. (1),(3)
benar
d. (2),(3)benar
2. (1)
kepentingan yang sama
(2)kedadilan, kerjasama
(3)kejujuran, solidaritas
Yang termaksud dari asas wawasan
nusantara aialah..
a. (1),(2),(3),
benar
b. (1),(2)
benar
c. (1),(3)
benar
d. (2),(3)benar
3. (1)
kebijakan
(2) keputusan
(3) tindakan
Yang termaksud dalam fungsi wawasan
nusanatara adalah…
a. (1),(2),(3),
benar
b. (1),(2)
benar
c. (1),(3)
benar
d. (2),(3)benar
4. (1)
letak dan bentuk geografis
(2) keadaan penduduk
(3) kedaan dan kekayaan alam
Yang termaksud dalam aspek trigatra
wawasan nusantara adalah…
a. (1),(2),(3), benar
b. (1),(2)
benar
c. (1),(3)
benar
d. (2),(3)benar
5.
(1)
free fight liberalism
(2) etatisme
(3) tidak dibenarkan adanya monopoli
Didalam aspek pancagatra wawasan
nusantara dibidang ekonomi, kerakyatan harus menghindari?
a. (1),(2),(3),
benar
b. (1),(2)
benar
c. (1),(3)
benar
d. (2),(3)benar
6. (1)
ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung pada kemampuan bangsa dan negara
dalam mendayagunakan secara optimal gatra alamaiah sebagai modal dasar untuk
penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan
nasional.
(2) Ketahanan
nasional adalah suatu pengertian holistic, yaitu suatu tatanan yang utuh,
menyeluruh dan terpadu, terdapat salig hubungan antara gatra didlam keseluruhan
kehidupan nasional.
(3) Ketahanan
nasional Indonesia bukan merupakan suatu penjumlahan ketahanan segep gatranya,
emalinkan suatu resultante keterkaitan yang integrative dari kondisi-kondisi
dinamis kehidupan bangsa dibidang ideology, politik, ekonomi, sosial,-budaya,
pertahanan dan keamanan.
Dsjdgjs
a. (1),(2),(3),
benar
b. (1),(2)
benar
c. (1),(3)
benar
d. (2),(3)benar
C.
Contoh soal menjodohkan
1. Contoh
soal pertama
Pernyataan
|
Istilah dari
ahli
|
Wawasan
nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya
sebagai negara kepualaun dengan semua aspek kehidupan yang beragam
|
Prof, Wan
Usman
Hanz Kohn
Otto Van
Baunger
Jacobsen dan
Lipman
|
Jawaban A
2. Contoh
soal kedua
Ppernayaan
|
Bentuk asas
dari
|
Ketika
menegakkan dalainn merebut kemerdekaan, kepentingan, bersama bangsa Indonesia
adalah menghadapi penjajah secara fisik dari bangsa
|
Keadilan
Kejujuaran,
Kerjasama
Kepentingan
yang sama
|
Jawaban D
3. Contoh
soal ketiga
Pernayataan
|
Merupakan
suatu….wawasan nusantara
|
Mewujudkan
nasionalisme yang tinggi disegala aspekkehidupan rakyat Indonesia yang lebih
mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan individu, kelompok
golongan, suku bangsa atau daerah
|
Fungsi
Prinsip
Tujuan
Kedudukan
|
Jawaban C
4. Contoh
soal keempat
Pernyataan
|
Bentuk prinsip
dari
|
Pengolahan
sumber daya alam tidak boleh menimbulkan kerusakan lingkungan, harus menjaga
lingkungan
|
Asas maksimal
Asas lestari
Asas berdaya
Asas budaya
|
Jawaban B
5. Contoh
soal kelima
Pernyataan
|
Bentuk
hubungan antara gatra
|
Sangat
mempengaruhi jenis, kualitas dan persebaran kekayaan alam dan sebaliknya alam
dapat mempengaruhi karaktergeografis
|
Gatra geografi
dan kependudukan
Kependudukandan
kekayaan alam
Kekayaan alam
dan geografi
|
Jawaban C
6. Contoh
soal keenam
Pernyataan
|
Bentuk
implementasi dari
|
Akan
menciptakan iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis. Hal tersebut
Nampak dalam wujud pemerintah yang kuat, aspiratif, dan terpercaya yang
dibangun sebagai kedaulatan rakyat
|
Dalam
kehidupan ekonomi
Dalam
kehidupan social
Dalam
kehidupan budaya
Dalam
kehidupan politik
|
Jawaban D
jawabannya mana anjir
BalasHapus