TUGAS 9 OUT CLASS
( selasa, 14 november 2017)
TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN
Selasa, 14 November 2017
Sesuai
dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis:
a. Penilaian
Teman Sejawat/sebaya
b. Penilaian
Diri
c. Penilaian
portofolio
KD 3.8. Menginterpretasi
pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
a. Penilaian
teman sebaya/sejawat
Petunjuk
Berilah tanda cek (√
) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik
dengan kriteria sebagai beriku:
Skor 4 = selalu
melakukan sesuai dengan pernyataan
Skor 3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
Skor 2 = kadang-kadang
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Sikap
tanggung jawab
Nama penilai :
Nama peserta didik yang
dinilai :
Kelas :
Materi pokok :
No
|
Aspek
pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima
resiko dan tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh
orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta maaf
atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Skor
|
|
|
|
|
b. Penilaian
diri
Petunjuk
1. Bacalah
pertanyaan yang ada didalam kolom dengan teliti
2. Berilah
tanda cek ( ) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Sikap
tanggung jawab
Nama
peserta didik :
Kelas
;
Materi
pokok :
Tanggal :
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya berani
meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain
|
|
|
|
|
2
|
Sebagai
peserta didik saya melakukan tugas-tugas dengan baik
|
|
|
|
|
3
|
Saya berani
menerika resiko atas tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
4
|
Saya menuduh
orang lain tanpa bukti
|
|
|
|
|
5
|
Saya mau
mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
c. Penilaian
portofolio
Kriteria yang akan
digunakan pada gambar
No
|
Kriteria
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Kebersihan
gambar
|
|
Bersih = 3
Agak kotor = 2
Kotor = 1
|
2
|
Kerapian
gambar
|
|
Rapi = 3
Agak rapi =2
Tidak rapi =1
|
3
|
Memenuhi syarat
gambar
|
|
Syarat
terpenuhi = 3
Kurang
terpenuhi =2
Tidak
terpenuhi = 1
|
4
|
Memenuhi
komponen gambar
|
|
Memenuhi = 3
Kurang = 2
Tidak memenuhi
= 1
|
Total skor
|
|
Skor maksimal
12
|
|
Nilai
|
|
|
Nilai = skor yang
diperoleh x 100
12
Kriteria yang digunakan
untuk penilaian laporan kegiatan
No
|
kriteria
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Tata bahasa
dan tanda baca yang digunakan
|
|
Tepat = 3
Kurang tepat =
2
Tidak tepat =
1
|
2
|
Pemilihan
kosakata dan keterpaduan kalimat
|
|
Tepat = 3
Kurang tepat =
2
Tidak tepat =
1
|
3
|
Kelengkapan laporan
|
|
Lengkap = 3
Kurang lengkap
= 2
Tidak lengkap
= 1
|
4
|
Sistematika
laporan
|
|
Sistematis = 3
Kurang
sistematis =2
Tidak
sistematis = 1
|
5
|
Kerapian
tulisan
|
|
Rapi = 3
Agak rapi =2
Tidak rapi =1
|
|
Total skor
|
|
Skor maksimal
12
|
|
Nilai
|
|
|
Format penilaian
portofolio
No
|
Nama
|
Portofolio
|
Total nilai
|
Nilai ahir
|
||
1
|
2
|
3
|
|
|
||
1
|
Azmi
|
|
|
|
|
|
2
|
Lala
|
|
|
|
|
|
3
|
Amar
|
|
|
|
|
|
4
|
Marni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a) Nilai
portofolio
1) Gambar
2) Laporan
kegitan
b) Nilai
ahir = total nilai 2
Komentar
Posting Komentar