Langsung ke konten utama

Tugas 9



TUGAS 9 OUT CLASS
( selasa, 14 november 2017)

TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN
Selasa, 14 November 2017


Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis:
a.       Penilaian Teman Sejawat/sebaya
b.      Penilaian Diri
c.       Penilaian portofolio

KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

a.       Penilaian teman sebaya/sejawat
Petunjuk
Berilah tanda cek ( ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku:
Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Sikap tanggung jawab
Nama penilai                                       :
Nama peserta didik yang dinilai         :
Kelas                                                   :
Materi pokok                                       :

No
Aspek pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dan tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Skor






b.      Penilaian diri
Petunjuk
1.      Bacalah pertanyaan yang ada didalam kolom dengan teliti
2.      Berilah tanda cek ( ) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari

Sikap tanggung jawab
Nama peserta didik     :
Kelas                           ;
Materi pokok               :
Tanggal                       :

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain




2
Sebagai peserta didik saya melakukan tugas-tugas dengan baik




3
Saya berani menerika resiko atas tindakan yang dilakukan




4
Saya menuduh orang lain tanpa bukti




5
Saya mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain





Jumlah





c.       Penilaian portofolio
Kriteria yang akan digunakan pada gambar
No
Kriteria
Skor
Keterangan
1
Kebersihan gambar

Bersih = 3
Agak kotor = 2
Kotor = 1
2
Kerapian gambar

Rapi = 3
Agak rapi =2
Tidak rapi =1
3
Memenuhi syarat gambar

Syarat terpenuhi = 3
Kurang terpenuhi =2
Tidak terpenuhi = 1
4
Memenuhi komponen gambar

Memenuhi = 3
Kurang = 2
Tidak memenuhi = 1
Total skor

Skor maksimal 12
Nilai


Nilai = skor yang diperoleh x 100
                        12

Kriteria yang digunakan untuk penilaian laporan kegiatan
No
kriteria
Skor
Keterangan
1
Tata bahasa dan tanda baca yang digunakan

Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
2
Pemilihan kosakata dan keterpaduan kalimat

Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
3
Kelengkapan laporan

Lengkap = 3
Kurang lengkap = 2
Tidak lengkap = 1
4
Sistematika laporan

Sistematis = 3
Kurang sistematis =2
Tidak sistematis = 1
5
Kerapian tulisan

Rapi = 3
Agak rapi =2
Tidak rapi =1

Total skor

Skor maksimal 12

Nilai



Format penilaian portofolio
No
Nama
Portofolio
Total nilai
Nilai ahir
1
2
3


1
Azmi





2
Lala





3
Amar





4
Marni













Keterangan:
a)      Nilai portofolio
1)      Gambar
2)      Laporan kegitan
b)      Nilai ahir = total nilai 2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

tugas kelas

Nama Nur hidayatullah NIM E1B115052 Tugas Kelas (Selasa, 19 September 2017) Soal: 1.       Jelaskan hakekat evaluasi, penilaian, pengukuran dan asesmen 2.       Jelaskan prasyarat yang diperlukan pada penilaian evaluasai, penilaian, pengukuran, dan asesmen 3.       Jelaskan hubungan antara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen 4.       Buatlah bagan yang menjelaskan hubungan anatara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen 5.       Jelaskan fungsi formatif, sumatif, dan diagnostic pada pembelajaran PPKn Jawab: 1.       Penjelasannya antara lain: a.        evaluasi adalah proses sistematis unuk menentukan nilai sesuatu yang berupa tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek yang di dasarkan pada krit...