Langsung ke konten utama

tugas kelas


Nama
Nur hidayatullah
NIM
E1B115052

Tugas Kelas
(Selasa, 19 September 2017)

Soal:
1.      Jelaskan hakekat evaluasi, penilaian, pengukuran dan asesmen
2.      Jelaskan prasyarat yang diperlukan pada penilaian evaluasai, penilaian, pengukuran, dan asesmen
3.      Jelaskan hubungan antara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen
4.      Buatlah bagan yang menjelaskan hubungan anatara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen
5.      Jelaskan fungsi formatif, sumatif, dan diagnostic pada pembelajaran PPKn

Jawab:
1.      Penjelasannya antara lain:
a.       evaluasi adalah proses sistematis unuk menentukan nilai sesuatu yang berupa tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek yang di dasarkan pada kriteria tertentu.
b.      Penialaian berarti mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada ukuran tertentu seperti menilai baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh, tinggi atau rendah.
c.       Asesmen sebagai penilaian dari proses, kemajuan dan hasil belajar siswa
d.      Pengukuran merupakan proses yang mendeskripsikan performance siswa dengan menggunakan suatu skala kuantitatif (sistem angka) sedemikian rupa sehingga sifat kualitatif dari siswa tersebut dinyatakan dengan angka.

2.      Persyaratannya sebagai berikut:
a.       Evaluasi: mempunyai objek, efisien, kegunaan,/praktik, memiliki validasi
b.      Penilaian: berupa nilai kualitatif dan kuantitatif
c.       Pengukuran: berupa data kuantitatif
d.      Asesmen: berupa data yang kualitatif

3.      Hubungannya adalah, dalam melakukan evaluasi terdapat kegiatan mengukur, menilai, dan asesmen. Dalam tindakan pembelajaran dan kegiatan tersebut untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil hasil belajar. Dalam pengukuran hasil belajar di bandingkan dengan standar yang sudah ditetapkan. Pada penilaian berupa kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau membanding-bandingkan
4.      Bagan keterkaiatan

Evaluasi > penilaian> asesmen > pengukuran
5.      Penjelasannya:
a.       Fungsi formatif: penilaian yang bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana peserta didik telah terbentuk yang sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditentukan.
b.      Fungsi sumatif:  penilaian ini dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan dengan tujuan untuk menentukan nilai yang melambangkan keberhasilan peserta didik setelah mereka menempuh program pengajaran dalam jangka waktu tertentu.
c.       Fungsi diagnostik: penilaian yang dilakukan disuatu kegiatan untuk mengidentifikasi gejala-gejala yang ditimbulkan  dengan tujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor apa yang menjadi penyebabnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...