Nama
|
Nur
hidayatullah
|
NIM
|
E1B115052
|
Tugas
Kelas
(Selasa,
19 September 2017)
Soal:
1.
Jelaskan hakekat evaluasi, penilaian,
pengukuran dan asesmen
2.
Jelaskan prasyarat yang diperlukan pada
penilaian evaluasai, penilaian, pengukuran, dan asesmen
3.
Jelaskan hubungan antara evaluasi,
penilaian, pengukuran, dan asesmen
4.
Buatlah bagan yang menjelaskan hubungan
anatara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen
5.
Jelaskan fungsi formatif, sumatif, dan diagnostic
pada pembelajaran PPKn
Jawab:
1.
Penjelasannya antara lain:
a. evaluasi
adalah proses sistematis unuk menentukan nilai sesuatu yang berupa tujuan,
kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek yang di dasarkan
pada kriteria tertentu.
b. Penialaian
berarti mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada ukuran
tertentu seperti menilai baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh,
tinggi atau rendah.
c. Asesmen
sebagai penilaian dari proses, kemajuan dan hasil belajar siswa
d. Pengukuran
merupakan proses yang mendeskripsikan performance siswa dengan menggunakan
suatu skala kuantitatif (sistem angka) sedemikian rupa sehingga sifat
kualitatif dari siswa tersebut dinyatakan dengan angka.
2.
Persyaratannya sebagai berikut:
a. Evaluasi:
mempunyai objek, efisien, kegunaan,/praktik, memiliki validasi
b. Penilaian:
berupa nilai kualitatif dan kuantitatif
c. Pengukuran:
berupa data kuantitatif
d. Asesmen:
berupa data yang kualitatif
3.
Hubungannya adalah, dalam melakukan
evaluasi terdapat kegiatan mengukur, menilai, dan asesmen. Dalam tindakan
pembelajaran dan kegiatan tersebut untuk mengambil keputusan dengan menggunakan
informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil hasil belajar. Dalam pengukuran
hasil belajar di bandingkan dengan standar yang sudah ditetapkan. Pada penilaian
berupa kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau
membanding-bandingkan
4.
Bagan keterkaiatan
Evaluasi
> penilaian> asesmen > pengukuran
5.
Penjelasannya:
a. Fungsi
formatif: penilaian yang bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana peserta
didik telah terbentuk yang sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah
ditentukan.
b. Fungsi
sumatif: penilaian ini dilaksanakan
setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan dengan tujuan untuk
menentukan nilai yang melambangkan keberhasilan peserta didik setelah mereka
menempuh program pengajaran dalam jangka waktu tertentu.
c. Fungsi
diagnostik: penilaian yang dilakukan disuatu kegiatan untuk mengidentifikasi
gejala-gejala yang ditimbulkan dengan
tujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor apa yang menjadi
penyebabnya
Komentar
Posting Komentar