Langsung ke konten utama

Tugas 5 Revisi



TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN
(Selasa, 17 Oktober 2017)



Nama keompok
Nama
Nur fauziah
Nim
E1B115051





Nama
Nur Hidayatullah
Nim
E1B115052


E-mail

Nama
Tajuddin
Nim
E1B115069









PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2017/2018

Nama : Tajuddin
Nim    : E1B115069
E-mail:3112tajuddinpkn94@gmail.com
                                                           

                                    TUGAS 5 OUT CLASS
                                    Selasa, 17 Otober 2017

Soal:
·         Pelajari kembali secara seksama Tugas 4 Out Class.
·         Bacalah referensi tentang Buku Paket PPKN sesui dengan kelompok anda (Tugas 3).
·         Sesuai  dengan  kelompok  anda  (Tugas  3),  susunlah  instrumen  Tes  Kognitif  jenis  Pilihan Ganda Biasa dan Uraian, masing-masing satu item tes (C1 sampai dengan C6).
      Essai
1. Apakah yang dimaksud dengan beriman dan bertakwa?
2. Sebutkan 3 bentuk prilaku yang berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa?
      Pilihan Ganda
1.      Kata taqwa itu berasal dari bahasa arab, yang berarti…………..
a.       Maaf
b.      Sabar
c.       Takut
d.      Tentram
e.        Bahagia
2.      Percaya secara penuh kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan defenisi….
a.       Takwa
b.       Iman
c.        Rajin
d.      Takabbur
e.       Sabar
3.      Yang manakah yang termasuk aspek ibadah sebagai ciri-ciri orang bertaqwa….
a.Semabahyang
b.Jujur
c.Sabar
d.Adil
ePemaaf
4. Abstraksi dari sejumlah besar individu atau manusia yang memiliki ciri-ciri yang sama dan karena ciri-ciri itu mereka merasa, berfikir, dan berbuat disebut……….
a.Bangsa
b. Negara
c.Individu
d.Perkumpulan
e.Suku
5.Siapakah yang bertanggung jawab atas terlaksananya perdamaian dunia?
a.Indonesia
b. Negara maju
c.Negara berkembang
d.Semua negara di dunia
e.Amerika


NAMA
NUR FAUZIAH
NIM
E1B115051



TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN
SELASA 17 OKTOBER 2017


KD 3.7 KLS X SEMESTER GENAP
MENGURAIKAN INDIKATOR ANCAMAN TERHADAP NEGARA DALAM MEMBANGUN INTEGRASI NASIONAL DENGAN BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA

Contoh instrument tes kognitif soal pilihan ganda:
1.      Kondisi dinamika yaitu suatu bangsa yang berisi ketangguhan dan keuletan yang bisa mengembangkan ketahanan, kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatsi segala hambatan tantangan, dan ancaman baik yang berasal dari dalam maupun dari luar merupakan pengertian dari… (c1)
a.       Ancaman
b.      Ketahanan nasional
c.       Pertahanan dan keamanan
d.      Ideology
e.       disintegrasi
2.      Hal yang mendorong integrasi nasional bangsa Indonesia adalah…(c2)
a.       Etnosentrisme
b.      Sikap individualistis
c.       Semangat sumpah pemuda
d.      Otonomi daerah
e.       Demokratisasi
3.      Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal yang membedakan bangsa Indonesia  berbhineka adalah.. (c2)
a.       Agama
b.      Budaya
c.       Suku bangsa
d.      Ideology
e.       Paham politik
4.      Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal yang bisa menghambat terjadinya integrasi nasional adalah.. (c2)
a.       Kemiskinan
b.      Wilayah yang luas
c.       Etnosentrisme
d.      Ekstrimisme
e.       Toleransi
5.      Hal positif yang dapat dipetik dari kondisi bangsa Indonesia yang beraneka adalah.. (c3)
a.       Menjadi kekayaan bangsa
b.      Potensi politik
c.       Sumber perpecahan
d.      Rentan desintegrasi bangsa
e.       Menurunkan ketahanan nasional
6.      Ancaman terhadap suatu wilayah Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI) merupakan ancaman terhadap segenap bangsa Indonesia. Pernyataan ini merupakan perwujudan wawasan nusantara sebagai suatu kesatuan.. (c2)
a.       Ideologi
b.      Politik
c.       Ekonomi
d.      Social budaya
e.       Pertahanan keamanan
7.      Ketangguhan suatu bangsa dalam menghadapi tantangan, ancaman, gangguan, dan hambatan yang masuk dari dalam maupun dari luar untuk melangsungkan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah pengertian dari…(c1)
a.       Wawasan nusantara
b.      Wawasan nasional
c.       Bhineka tunggal ika
d.      Ketahanan nasional
e.       Nasionalisme
8.      Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, keanekaragaman bangsa kita telah sukses dalam mendobrak kesombongan kolonialisme karena adanya unsur-unsur perekat integrasi nasional, yaitu… (c2)
a.       Nasib dan cita-cita
b.      Rasa persaudaraan
c.       Kekayaan bangsa
d.      Bahsa melayu
e.       Kesamaan agama
9.      Berikut ini yang bukan merupakan ancaman integrasi nasional bagi bangsa Indonesia adalah…(c2)
a.       Desintegrasi bangsa
b.      Keresahan social
c.       Keinginan untuk mengubah pancasila sebagai ideology
d.      Maker terhadap pemerintah sudah sah
e.       Demokratis
10.  Yang bukan merupakan hambatan dalam mencapai integrasi nasional dapat dilihat sebagai berikut…(c2)
a.       Korupsi,kolusi, dan nepotisme
b.      Rendahnya mutu SDM
c.       Ketidak percayaan kepada pemerintah
d.      Kemiskinan
e.       Disintegrasi bangsa
Contoh instrument tes kognitif soal uraian (Esai) :
1)      Apakah yang dimaksud dengan integrasi nasional ? (C4)
2)      Kemukakan hal-hal yang mendorong integrasi nasional ? (C5)
3)      Apa saja ancaman yang datang dari dalam dan luar negri terhadap integrasi nasional ? (C4)
4)      Sebut dan jelaskan berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam proses integrasi bangsa ? (C4)
5)      Jelaskan beberapa hambatan-hambatan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam proses integrasi nasional ? (C5)







NAMA
NUR HIDAYATULLAH
NIM
E1B115052
E-MAIL

TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN
(Selasa, 17 Oktober 2017)

Soal:
·         Pelajari kembali secara seksama Tugas 4 Out Class.
·         Bacalah referensi tentang Buku Paket PPKN sesui dengan kelompok anda (Tugas 3).
·         Sesuai  dengan  kelompok  anda  (Tugas  3),  susunlah  instrumen  Tes  Kognitif  jenis  Pilihan Ganda Biasa dan Uraian, masing-masing satu item tes (C1 sampai dengan C6).

Jawab:
Kompetensi dasar
3.8 Menganalisis tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik di Indonesia

Bentuk tes menggunakan instrumen penilaian kognitif
A.    Pilihan ganda
1.      Untuk C1 (pengetahuan/knowledge)
·         Apa istilah/asal kata bangsa berasal dari bahasa ?
a.       Latin
b.      Lokal
c.       Non-lokal
d.      Sastra
·         Kata bangsa berarti nation, hal ini berasal dari negara ?
a.       Jerman
b.      Belanda
c.       Inggris
d.      Perancis
2.      Untuk C2 (pemahaman/comprehension)
·         Pengertian berbangsa adalah suatu kelompok manusia yang memiliki karakter (watak) yang sama yang terbentuk karena adanya perasaa senasib yang sama. Pengertian tersebut menurut pendapat?
a.       Jacobsen dan Lipmann
b.      Hanz Kohn
c.       Friederich Ratzel
d.      Otto van Bauer

·         Menurut pendapat Prof. R. Djoko Soetono, SH  pengertian negara yang tepat dibawah ini adalah?
a.       Negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai souverien (kedaulaan)
b.      Negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya
c.       Negara adalah organusasi manusia atau kumpulan manusia yang berada dibawah pemerintahan yang sama
d.      Negara adalah organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang memenuhi persyaratan tertentu yaitu harus ada pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu nation ( bangsa)

3.      Untuk C3 (penerapan/application)
·         Kesadaran berbangsa dan bernegara dapat muncul karena didorong oleh hal-hal anatara lain:
a.       Tingkat keamanahan seorang penjabat,
b.      Keadilan dalam memberikan hak dan kewajiban,
c.       Tegasnya hukum dan aturan pemerintahan
d.      Semua jawaban benar

B.     Uraian/esay
1.      Untuk C4 (menganalisis/analysis)
·         Coba anda jelaskan atau uraian dari pengertian kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah/historinya!
·         Coba amda jelaskan atau uraiankan dari pengertian kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek geopolitiknya!

2.      Untuk C5 (sintesis/syntesis)
Menurut anda, pentingkah seseorang mempunyai kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik di Indonesia? Jika iya coba jelaskan dan jika tidak coba di jelaskan!

3.      Untuk C6 (penilaian/evaluation)
Dari hasil bacaan anda pada buku paket/ LKS coba rangkumkan mengenai kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik dindonesia!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...

INSTRUMEN PENILAIAN TES KOGNITIF PILIHAN GANDA DAN URAIAN

TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN (Selasa, 17 Oktober 2017) Nama keompok Nama Nur fauziah Nim E1B115051 No hp 082342350913 E-mail nurfauziah09091995@gmail.com Nama Nur Hidayatullah Nim E1B115052 No hp 085237593452 E-mail nurhidayatullah0904nur@gmail.com Nama Tajuddin Nim E1B115069 No hp 085338280423 E-mail 3112tajuddinpkn94@gmail.com PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2017/2018 Nama : Tajuddin Nim    : E1B115069 E-mail:3112tajuddinpkn94@gmail.com                        ...