Langsung ke konten utama

Tugas 1 Revisi




Nama
Nur hidayatullah
NIM
E1B115052

Tugas 1 OUTCLASS
(Selasa, 12 September 2017)

Soal:
1.      Buatlah catatan singkat tentang evaluasi, penilaian, asesmen, dan pengukuran
2.      Perbedaan antara evaluasai, penilaian, pengukuran, dan asesmen
3.      Berikan contoh dari evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen
4.      Buatlah bagan yang menjelaskan hubungan anatara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen

Jawab:
1.      Penjelasannya antara lain:
a.       evaluasi adalah proses sistematis unuk menentukan nilai sesuatu yang berupa tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek yang di dasarkan pada kriteria tertentu.
b.      Penialaian berarti mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada ukuran tertentu seperti menilai baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh, tinggi atau rendah.
c.       Asesmen sebagai penilaian dari proses, kemajuan dan hasil belajar siswa
d.      Pengukuran merupakan proses yang mendeskripsikan performance siswa dengan menggunakan suatu skala kuantitatif (sistem angka) sedemikian rupa sehingga sifat kualitatif dari siswa tersebut dinyatakan dengan angka.

2.      Perbedaannya sebagai berikut:
a.       Evaluasi: mempunyai objek, efisien, kegunaan,/praktik, memiliki validasi
b.      Penilaian: berupa nilai kualitatif dan kuantitatif
c.       Pengukuran: berupa data kuantitatif
d.      Asesmen: berupa data yang kualitatif

3.      Pak alif adalah  salah satu guru PPKn disekolah SMAN 1 DOMPU. Beliau ingin mengetahui apakah peserta didiknya sudah menguasai materi pembelajaran PPKn, untuk itu pak Arif memberikan tes tulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 50  soal kepada peserta didiknya dikelas VII. Selanjutnya pak Arif memeriksa lembar jawaban peserta didik sesuai dengan kunci jawaban. Ternyata skor yang diperoleh siswa siswinya berfariasi , yakni 25, 30, 35, 40, 45, 50, 55, 60, dst (pengukuran).  Nilai atau skor trsebut tentu belum punya nilai atau apa-apa, untuk memperoleh nilai dari setiap skor tersebut pak arif melaukan pengolahan dan penafsiran dalam skala 0-10 menunjukan bahwa skor 20 memperoleh nilai 3 (tidak menguasai), skor 40 memperoleh nilai 6 (cukup menguasai) skor 55 memperoleh nilai 8 (menguasai ) dst (penilaian). Jika pak Arif menilai seluruh komponen pembelajaran, maka berarti pak Arif melakukan evaluasi terhadap peserta didiknya.

4.      Bagan keterkaiatan










Pokok (PAP)
 



Normati (PAN)
 




 













            Penjelasan bagan: seorang guru melakukan evaluasi terhadap siswa/siswinya didalam kelas maupun diluar kelas. Untuk memperoleh hasil evaluasi tersebut guru harus melalui proses sebagai berikut:
a.       Pengukuran, guru melakukan pengukuran untuk mengetahui hasil belajar setelah proses belajar mengajar. Pengukuran dilakukan dengan alat instrument kognitif (tes) dan afektif, psiko (non tes untuk mengetahui angka)
b.      Penilaian, penilaian merupakan pengambilan keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada ukuran tertentu seperti penilaian baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh , tinggi atau rendah. Pada penilain ada kriteria penilain ada dua yakni penilaian pokok (PAP) dan penialaian (PAN)
c.       Asesmen, sebagai penilaian proses, kemajuan dan hasil belajar siswa. Didalam asesmen terdapat suatu pertimbangan
d.      Evaluasi, merupakan proses sistematis untuk menentukan nilai suatu yang berupa tujuan kegatan, keputusan, unjuk kerja, proses, ataupun objek yag didasarkan pada kriteria tertentu. Didalam evaluasi tersebut terdapat suatu keputusan yang menunjukan lulus atau tidak nya siswa/siswi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...

INSTRUMEN PENILAIAN TES KOGNITIF PILIHAN GANDA DAN URAIAN

TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN (Selasa, 17 Oktober 2017) Nama keompok Nama Nur fauziah Nim E1B115051 No hp 082342350913 E-mail nurfauziah09091995@gmail.com Nama Nur Hidayatullah Nim E1B115052 No hp 085237593452 E-mail nurhidayatullah0904nur@gmail.com Nama Tajuddin Nim E1B115069 No hp 085338280423 E-mail 3112tajuddinpkn94@gmail.com PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2017/2018 Nama : Tajuddin Nim    : E1B115069 E-mail:3112tajuddinpkn94@gmail.com                        ...