Nama
|
Nur
hidayatullah
|
NIM
|
E1B115052
|
Tugas
1 OUTCLASS
(Selasa,
12 September 2017)
Soal:
1.
Buatlah catatan singkat tentang
evaluasi, penilaian, asesmen, dan pengukuran
2.
Perbedaan antara evaluasai, penilaian,
pengukuran, dan asesmen
3.
Berikan contoh dari evaluasi, penilaian,
pengukuran, dan asesmen
4.
Buatlah bagan yang menjelaskan hubungan
anatara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen
Jawab:
1.
Penjelasannya antara lain:
a. evaluasi
adalah proses sistematis unuk menentukan nilai sesuatu yang berupa tujuan,
kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek yang di dasarkan
pada kriteria tertentu.
b. Penialaian
berarti mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada ukuran
tertentu seperti menilai baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh,
tinggi atau rendah.
c. Asesmen
sebagai penilaian dari proses, kemajuan dan hasil belajar siswa
d. Pengukuran
merupakan proses yang mendeskripsikan performance siswa dengan menggunakan
suatu skala kuantitatif (sistem angka) sedemikian rupa sehingga sifat
kualitatif dari siswa tersebut dinyatakan dengan angka.
2.
Perbedaannya sebagai berikut:
a. Evaluasi:
mempunyai objek, efisien, kegunaan,/praktik, memiliki validasi
b. Penilaian:
berupa nilai kualitatif dan kuantitatif
c. Pengukuran:
berupa data kuantitatif
d. Asesmen:
berupa data yang kualitatif
3.
Pak alif adalah salah satu guru PPKn disekolah SMAN 1 DOMPU.
Beliau ingin mengetahui apakah peserta didiknya sudah menguasai materi
pembelajaran PPKn, untuk itu pak Arif memberikan tes tulis dalam bentuk pilihan
ganda sebanyak 50 soal kepada peserta
didiknya dikelas VII. Selanjutnya pak Arif memeriksa lembar jawaban peserta
didik sesuai dengan kunci jawaban. Ternyata skor yang diperoleh siswa siswinya
berfariasi , yakni 25, 30, 35, 40, 45, 50, 55, 60, dst (pengukuran). Nilai atau skor trsebut tentu belum punya
nilai atau apa-apa, untuk memperoleh nilai dari setiap skor tersebut pak arif
melaukan pengolahan dan penafsiran dalam skala 0-10 menunjukan bahwa skor 20
memperoleh nilai 3 (tidak menguasai), skor 40 memperoleh nilai 6 (cukup
menguasai) skor 55 memperoleh nilai 8 (menguasai ) dst (penilaian). Jika pak
Arif menilai seluruh komponen pembelajaran, maka berarti pak Arif melakukan
evaluasi terhadap peserta didiknya.
4.
Bagan keterkaiatan
![]() |
|||||
|
|||||
|
|||||
![]() |
Penjelasan bagan: seorang guru
melakukan evaluasi terhadap siswa/siswinya didalam kelas maupun diluar kelas.
Untuk memperoleh hasil evaluasi tersebut guru harus melalui proses sebagai
berikut:
a.
Pengukuran,
guru melakukan pengukuran untuk mengetahui hasil belajar setelah proses belajar
mengajar. Pengukuran dilakukan dengan alat instrument kognitif (tes) dan
afektif, psiko (non tes untuk mengetahui angka)
b.
Penilaian,
penilaian merupakan pengambilan keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada
ukuran tertentu seperti penilaian baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai
atau bodoh , tinggi atau rendah. Pada penilain ada kriteria penilain ada dua
yakni penilaian pokok (PAP) dan penialaian (PAN)
c.
Asesmen,
sebagai penilaian proses, kemajuan dan hasil belajar siswa. Didalam asesmen
terdapat suatu pertimbangan
d.
Evaluasi,
merupakan proses sistematis untuk menentukan nilai suatu yang berupa tujuan
kegatan, keputusan, unjuk kerja, proses, ataupun objek yag didasarkan pada
kriteria tertentu. Didalam evaluasi tersebut terdapat suatu keputusan yang
menunjukan lulus atau tidak nya siswa/siswi
Komentar
Posting Komentar