Langsung ke konten utama

Tgas 3 Revisi


nama
Nur Hidayatullah
Nim
E1B115052
blog
mynewblognurhidayatullah.blogspot.com
E-mail



TUGAS 3 EVALUASI PEMBELAJARAN
Selasa, 3 Oktober 2017
1.      KD 5
A.    KOMPETENSI INTI
1)      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2)      Meghayati dan mengamalkan (gotong royong, oleransi, damai) santun, rensponsif dan positif dan menunjkan sikap bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dangan lingkungan sosial dan alam semesta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3)      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusian kebangsaan, kenegaraan, dan peadaban terkait penyebaab fenomena dan kejadian serta menerapkan  pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik serta bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4)      Mengola, menalar, dan menyaji dalam ranha kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarainya di seolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.5 menghayati perilaku bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa dalam keberagama masyarakat.
1.5.1 menunjukan sikap rukun antar umat beragama dalam keberagaman masyarakat sesuai dengan cirri orang bertaqwa
1.5.2 menunjukan sikap salingkenal-mengenal dalam keberagamaan masyarakat sesuai dengan cirri orang bertaqwa
1.5.3 menunjukan sikap memafkan kesalahan orang laindalam keberagaman masyarakat sesuai dengan cirri orang bertaqwa
2
2.5 mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagamaan dalam dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara Indonesia
2.5.1 menunjukan sikap yang harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyaraka, berbangsa dan bernegara Indonesia.
2.5.2 menunjukan sikap yang harmoni keberagaman jalan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara Indonesia
2.5.3 mengidentifikasi perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.4 mengidentifikasi perilaku yang harmoni dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3
3.5 memahami
3.5.1 menjelaskan pengertian hokum
35.2 menjelaskan pengertian tentang peradilan dalam lingkup NKRI
3.5.3 mengidentifikasi hokum keadilan dan ketertiban dalam lingkup NKRI
3.5.4 menganalisis system hokum nasional dalam lingkup NKRI
3.5.5. menganalisis system peradilan Indonesia dalam ruang lingkup NKRI
3.5.6 menganalisis peranan lembaga peradilan dalam lingkup NKRI
3.5.7 mempertahankan sistem hokum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI
4
4.5 menyaji hasil telaah sistem hokum dalam peradilan nasional dalam lingkup NKRI
4.5.1 menyaji hasil telaah tentang pengertian hokum dalam dalam lingkup NKRI
4.5.2 menyaji hasil telaah pengertian tentang pengadilan dan ketertiban dalam lingkup NKRI
4.5.3 menyaji hasil telaah tentang hubungan anatra hokum, perdilan dan ketertiban.
4.5.4 menyaji hasil telaah pengertian sistem hukum nasional dalam lingkup NKRI
4.5.5 menyaji hasil telaah pengertian lembaga peradilan
4.5.6 menyaji hasil telaah macam-macam lembaga peradilan
4.5.7 menyusun aporan sistem hokum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menjelaskan pengertian hukum dengan benar.
2)       Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu melaksanakan pengertian tentang peradilan dalam lingkup NKRI dengan benar
3)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menyaji hasil telaah mengenai pengertian hokum dalam lingkup NKRI dengan benar
4)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menyaji hasil telaah mengenai peradilan dan ketertiban dalam lingkup NKRI dengan benar
5)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menunjukan perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar
6)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menunjukan sikap rukun antara umat beragama dalam keberagaman masyarakat sesuai dengn cirri orang bertaqwa dengan benar

2.      KD 7
A.    KOMPETENSI INTI
1)      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2)      Meghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, perduli (gotong royong, oleransi, damai) santun, rensponsif dan positif dan menunjukan sikap bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dangan lingkungan sosial dan alam semesta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3)      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusian kebangsaan, kenegaraan, dan peadaban terkait penyebaab fenomena dan kejadian serta menerapkan  pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik serta bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4)      Mengola, menalar, dan menyaji dalam ranha kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarainya di seolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi dasar
Indicator
Memelihara hubungan yang baik dengan sesama umat ciptaan tuhan yang maha esa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.Memahami hubungan yang baik dengan sesama umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Menjaga huungan yang baik dengan sesama umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Menampilkan perilaku yang mampu bekerja sama dengan orang lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tanpa membeda-bedakan agama masing-masing
1. Menunjukan sikap jujur yang mampu bekerja sama dengan orang lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.Mengamalkan perilaku yang mampu bekerja sama dengan orang lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.Mengaplikasikan perilaku bekerja sama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Menguraikan indikator ancaman terhadap Negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai bhineka tunggal ika
1. Menjelaskan pengertian integrasi nasional
2. Memahami pentingnya membangun integrasi nasional dengan bingkai bhineka tunggal ika
3. Menganalisis ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan dalam membangun inntegrasi nasional
4. Antisipasi ancaman tantangan hambatan dan ganguan dalam membangun interaksi nasional dalam bingkai bineka tunggal ika
Menyaji hasil analisis tentang indikator ancaman terhadap Negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai bhineka tunggal ika
1. Mengidentifikasi berbagai ancaman dalam membagun integrasi nasional
2. Menganalisis terkait ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia dalam berbagai bidang
3. Menguraikan hasil analisis strategi Negara dalam mengatasi berbagai ancaman dalam mebangun integrasi nasional.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menjelaskan pengertian integrasi nasional
2)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu memahami pentingnya membangun integrasi nasional dengan bingkai bhineka tunggal ika
3)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu mengidentifikasi ancaman dalam membangun integrasi nasional

3.      KD 8
A.    KOMPETENSI INTI
1)      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2)      Meghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, perduli (gotong royong, oleransi, damai) santun, rensponsif dan positif dan menunjkan sikap bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dangan lingkungan sosial dan alam semesta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3)      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusian kebangsaan, kenegaraan, dan peadaban terkait penyebaab fenomena dan kejadian serta menerapkan  pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik serta bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4)      Mengola, menalar, dan menyaji dalam ranha kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarainya di seolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi dasar
Indikator
Menghayati pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari sejarah dan geopolitik Indonesia sesuai dengan ajaran agama masing-masing
1.      Menghayati kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari kesejahteraan geopolitik Indonesia sesuai dengan ajaran agama masing-masing
2.      Menghayati kesadaran bernegara dilihat dari geopoltik Indonesia sesuai dengan ajaran agama masing-masing
Menganalisis pentingnya kesadaran berbangsa an bernegara dilihat dari kesejarahan geopolitik Indonesia ditinjau dari UUD 1945
1.   Menghayati pentingnya kesadaran berbangsa dilihat dari kesejaran geopolitik diindonesia ditinjau dari UUD 1945
2.   Menghayati pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari kesejahteraan geopolitik diindonesia ditinjau dari UUD 1945
Mengananlisis pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari sejarah dan geopolitik diindonesia
1.   Menjelaskan pengertian sejarah dan geopolitik dindonesia
2.   Menganalisis latar belakang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik diindonesia
3.   Menganalisis kedudukan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik diindonesia
4.   Menganalisis tujuan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di Indonesia
Menyaji hasil analisis tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik di Indonesia
1.      Menyaji hasil telaah pengertian sejarah dan geopolitik di Indonesia
2.      Menyaji hasil analisis latar belakang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejrah sejarah dan geopolitik di Indonesia
3.      Menyaji hasil analisis kedudukan pentingnya kesadaran berbangsa dn bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di Indonesia
4.      Menyaji hasil analisis tujuan pentingnya jesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di Indonesia

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapa menghayati
2)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat menghayati pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dari kesejarahan geopolitik di Indonesia ditinjau dari UUD 1945
3)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat menjelaskan pengertian geopoliti seacara umum
4)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu mengnalisis latar belakang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegafara di lihat dari sejarah geopolitik di Indonesia
5)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu
6)      Melalui kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat menganalisis fungsi pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di Indonesia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...

INSTRUMEN PENILAIAN TES KOGNITIF PILIHAN GANDA DAN URAIAN

TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN (Selasa, 17 Oktober 2017) Nama keompok Nama Nur fauziah Nim E1B115051 No hp 082342350913 E-mail nurfauziah09091995@gmail.com Nama Nur Hidayatullah Nim E1B115052 No hp 085237593452 E-mail nurhidayatullah0904nur@gmail.com Nama Tajuddin Nim E1B115069 No hp 085338280423 E-mail 3112tajuddinpkn94@gmail.com PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2017/2018 Nama : Tajuddin Nim    : E1B115069 E-mail:3112tajuddinpkn94@gmail.com                        ...