nama
|
Nur
Hidayatullah
|
Nim
|
E1B115052
|
blog
|
mynewblognurhidayatullah.blogspot.com
|
E-mail
|
TUGAS 3 EVALUASI
PEMBELAJARAN
Selasa, 3
Oktober 2017
1.
KD
5
A.
KOMPETENSI
INTI
1)
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2)
Meghayati
dan mengamalkan (gotong royong, oleransi, damai) santun, rensponsif dan positif
dan menunjkan sikap bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dangan lingkungan sosial dan alam semesta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3)
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, prosedural, berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusian kebangsaan,
kenegaraan, dan peadaban terkait penyebaab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik serta bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4)
Mengola,
menalar, dan menyaji dalam ranha kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan diri yang dipelajarainya di seolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.5 menghayati
perilaku bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa dalam keberagama masyarakat.
|
1.5.1
menunjukan sikap rukun antar umat beragama dalam keberagaman masyarakat
sesuai dengan cirri orang bertaqwa
1.5.2
menunjukan sikap salingkenal-mengenal dalam keberagamaan masyarakat sesuai
dengan cirri orang bertaqwa
1.5.3
menunjukan sikap memafkan kesalahan orang laindalam keberagaman masyarakat
sesuai dengan cirri orang bertaqwa
|
2
|
2.5
mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagamaan dalam dalam kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara Indonesia
|
2.5.1
menunjukan sikap yang harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyaraka,
berbangsa dan bernegara Indonesia.
2.5.2
menunjukan sikap yang harmoni keberagaman jalan kehidupan bermasyarakat
berbangsa dan bernegara Indonesia
2.5.3
mengidentifikasi perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.4
mengidentifikasi perilaku yang harmoni dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
|
3
|
3.5 memahami
|
3.5.1
menjelaskan pengertian hokum
35.2
menjelaskan pengertian tentang peradilan dalam lingkup NKRI
3.5.3
mengidentifikasi hokum keadilan dan ketertiban dalam lingkup NKRI
3.5.4
menganalisis system hokum nasional dalam lingkup NKRI
3.5.5.
menganalisis system peradilan Indonesia dalam ruang lingkup NKRI
3.5.6 menganalisis
peranan lembaga peradilan dalam lingkup NKRI
3.5.7
mempertahankan sistem hokum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI
|
4
|
4.5 menyaji
hasil telaah sistem hokum dalam peradilan nasional dalam lingkup NKRI
|
4.5.1 menyaji
hasil telaah tentang pengertian hokum dalam dalam lingkup NKRI
4.5.2 menyaji
hasil telaah pengertian tentang pengadilan dan ketertiban dalam lingkup NKRI
4.5.3 menyaji
hasil telaah tentang hubungan anatra hokum, perdilan dan ketertiban.
4.5.4 menyaji
hasil telaah pengertian sistem hukum nasional dalam lingkup NKRI
4.5.5 menyaji
hasil telaah pengertian lembaga peradilan
4.5.6 menyaji
hasil telaah macam-macam lembaga peradilan
4.5.7 menyusun
aporan sistem hokum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1) Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menjelaskan
pengertian hukum dengan benar.
2) Melalui kegiatan pembelajaran mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa
kelas X semester genap diharapkan
mampu melaksanakan pengertian tentang peradilan dalam lingkup NKRI dengan benar
3) Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan,
dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menyaji hasil
telaah mengenai pengertian hokum dalam lingkup NKRI dengan benar
4) Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menyaji hasil
telaah mengenai peradilan dan ketertiban dalam lingkup NKRI dengan benar
5) Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menunjukan
perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar
6) Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menunjukan sikap
rukun antara umat beragama dalam keberagaman masyarakat sesuai dengn cirri
orang bertaqwa dengan benar
2.
KD
7
A.
KOMPETENSI
INTI
1)
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2)
Meghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, perduli (gotong
royong, oleransi, damai) santun, rensponsif dan positif dan menunjukan sikap
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dangan lingkungan sosial dan alam semesta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3)
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, prosedural, berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusian kebangsaan,
kenegaraan, dan peadaban terkait penyebaab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik serta bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4)
Mengola,
menalar, dan menyaji dalam ranha kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan diri yang dipelajarainya di seolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
dasar
|
Indicator
|
Memelihara
hubungan yang baik dengan sesama umat ciptaan tuhan yang maha esa dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
1.Memahami
hubungan yang baik dengan sesama umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
2. Menjaga
huungan yang baik dengan sesama umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Menampilkan
perilaku yang mampu bekerja sama dengan orang lain dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara tanpa membeda-bedakan agama masing-masing
|
1. Menunjukan
sikap jujur yang mampu bekerja sama dengan orang lain dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
2.Mengamalkan
perilaku yang mampu bekerja sama dengan orang lain dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
3.Mengaplikasikan
perilaku bekerja sama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Menguraikan
indikator ancaman terhadap Negara dalam membangun integrasi nasional dengan
bingkai bhineka tunggal ika
|
1.
Menjelaskan pengertian integrasi nasional
2.
Memahami pentingnya membangun integrasi nasional
dengan bingkai bhineka tunggal ika
3.
Menganalisis ancaman, tantangan, hambatan, dan
gangguan dalam membangun inntegrasi nasional
4.
Antisipasi ancaman tantangan hambatan dan ganguan
dalam membangun interaksi nasional dalam bingkai bineka tunggal ika
|
Menyaji hasil
analisis tentang indikator ancaman terhadap Negara dalam membangun integrasi
nasional dengan bingkai bhineka tunggal ika
|
1.
Mengidentifikasi berbagai ancaman dalam membagun
integrasi nasional
2.
Menganalisis terkait ancaman yang dihadapi bangsa
Indonesia dalam berbagai bidang
3.
Menguraikan hasil analisis strategi Negara dalam
mengatasi berbagai ancaman dalam mebangun integrasi nasional.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu menjelaskan pengertian integrasi
nasional
2)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu memahami pentingnya membangun
integrasi nasional dengan bingkai bhineka tunggal ika
3)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu mengidentifikasi ancaman dalam
membangun integrasi nasional
3.
KD
8
A.
KOMPETENSI
INTI
1)
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2)
Meghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, perduli (gotong
royong, oleransi, damai) santun, rensponsif dan positif dan menunjkan sikap
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dangan lingkungan sosial dan alam semesta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3)
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, prosedural, berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusian kebangsaan,
kenegaraan, dan peadaban terkait penyebaab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik serta bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4)
Mengola,
menalar, dan menyaji dalam ranha kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan diri yang dipelajarainya di seolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
Menghayati
pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari sejarah dan
geopolitik Indonesia sesuai dengan ajaran agama masing-masing
|
1.
Menghayati kesadaran berbangsa dan bernegara
dilihat dari kesejahteraan geopolitik Indonesia sesuai dengan ajaran agama
masing-masing
2.
Menghayati kesadaran bernegara dilihat dari
geopoltik Indonesia sesuai dengan ajaran agama masing-masing
|
Menganalisis
pentingnya kesadaran berbangsa an bernegara dilihat dari kesejarahan
geopolitik Indonesia ditinjau dari UUD 1945
|
1.
Menghayati pentingnya kesadaran berbangsa dilihat
dari kesejaran geopolitik diindonesia ditinjau dari UUD 1945
2.
Menghayati pentingnya kesadaran berbangsa dan
bernegara dilihat dari kesejahteraan geopolitik diindonesia ditinjau dari UUD
1945
|
Mengananlisis
pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari sejarah dan
geopolitik diindonesia
|
1.
Menjelaskan pengertian sejarah dan geopolitik
dindonesia
2.
Menganalisis latar belakang pentingnya kesadaran
berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik diindonesia
3.
Menganalisis kedudukan pentingnya kesadaran
berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik diindonesia
4.
Menganalisis tujuan pentingnya kesadaran berbangsa
dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di Indonesia
|
Menyaji hasil
analisis tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks
sejarah dan geopolitik di Indonesia
|
1.
Menyaji hasil telaah pengertian sejarah dan
geopolitik di Indonesia
2.
Menyaji hasil analisis latar belakang pentingnya
kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejrah sejarah dan
geopolitik di Indonesia
3.
Menyaji hasil analisis kedudukan pentingnya
kesadaran berbangsa dn bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di
Indonesia
4.
Menyaji hasil analisis tujuan pentingnya jesadaran
berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di
Indonesia
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapa menghayati
2)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat menghayati pentingnya kesadaran
berbangsa dan bernegara dari kesejarahan geopolitik di Indonesia ditinjau dari
UUD 1945
3)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat menjelaskan pengertian geopoliti
seacara umum
4)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu mengnalisis latar belakang
pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegafara di lihat dari sejarah geopolitik
di Indonesia
5)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan mampu
6)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat menganalisis fungsi pentingnya
kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek sejarah dan geopolitik di
Indonesia.
Komentar
Posting Komentar