TUGAS 8 REVISI
( Selasa, 21 November 2017)
NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
NAMA: NUR FAUZIAH
NIM: (E1B115051)
NAMA: NUR HIDAYATULLAH
NIM: ( E1B115052)
NAMA: TAJUDDIN
NIM: (E1B115069)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA
DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KERGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2017/2018
Nama
|
Nur Hidayatullah
|
Nim
|
E1B115052
|
Kelas
|
Reg. sore V B
|
Sesuai dengan kelompok, susunlah
instrumen tes afektif jenis:
- Penilaian
proyek
- Kuesioner
inventori
- Daftar
cek
- Penilaian
proyek
a. Pengertian
Penilaian proyek adalah
penilaian yg berbasis kelas, mksudnya penilaiannya hanya dilakukan dalam kls
saja, untuk mengetahui kemampuan komprehensif atau menyeluruh baik pengetahuan
maupun sikap.
b. KD
dan Indikator
KD
2.5 Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam
kehidupan
bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara Indonesia.
Indikator:
2.5.1. Menunjukan perilaku
toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.2. Menunjukan sikap yang
harmoni keberagaman dalam kehidupan
bermansyarakat, berbangsa dan
bernegara Indonesia
2.5.3. Mengidentifikasi
perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.4. Mengidentifikasi perilaku yang harmoni dalam kehidupan
bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara Indonesia
c. Format
penilaian
Mata pelajaran : PPKn
Nama
proyek : toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Indonesia.
Alokasi waktu : 2x 45 menit
Guru pembimbing : Nur Hidayatullah
Nama siswa/siswi : Rizwan Abdul
Aziz
No. Absen : 21
Kelas/semester : X / 2
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Alasan pemilihan proyek
|
|
|
|
|
2
|
Pengetahuan yang mendukung
|
|
|
|
|
3
|
Rancangan kegiatan
a.
Persiapan
b.
Rumusan judul
|
|
|
|
|
4
|
Proses kegiatan
a.
Sistematika penulisan
b.
Keakuratan sumber sumber
data/informasi
c.
Kuantitas sumber data
d.
Penarikan
e.
Kesimpulan
|
|
|
|
|
5
|
Laporan proyek
a.
Tampilan PPT
b.
Performans
|
|
|
|
|
6
|
Presentasi / penguasaan materi
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
||||
Skror
|
|
Skor
maksimum = 48
Ket:
Sangat
tepat = 4, tepat = 3, kurang tepat = 2, tidak tepat = 1
- Kuesioner
inventori
a. Pengertian
Kuisioner adalah Dafter pertanyaan
untuk melakukan sesuatu. Kuisioner atau angket ada dua macam yakni Terbuka (
tidak disedikan jawabannya ) dan tertutup (disediakan jawabannya )
Inventori untuk melihat pendapat
seseorang
Jadi, Kuisioner inventori adalah
daftar yg berhubungan dengan pertanyaan-pertanyaan atau pernyatan untuk
mengtahui sesuatu
b. KD
dan Indikator
KD
2.5 Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam
kehidupan
bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara Indonesia.
Indikator:
2.5.1. Menunjukan perilaku
toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.2. Menunjukan sikap yang
harmoni keberagaman dalam kehidupan
bermansyarakat, berbangsa dan
bernegara Indonesia
2.5.3. Mengidentifikasi
perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.4. Mengidentifikasi perilaku yang harmoni dalam kehidupan
bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara Indonesia
c. Format
penilaian
Nama : Kirana permata
Jenis kelamin : perempuan
Kelas : X semester 2
No. absen : 25
Alokasi wakt : 2 X 45 menit
Petunjuk penggunaan angket
1. Perhatikan
petunjuk khusus sebelum anda mengisi angket
2. Pilihlah
satu jawaban yang paling tepat sesuai dengan kondisi anda, dan perlu diketahui
bahwa semua jawaban yang tersedia adalah benar
3. Bubuhkan
tanda centang (√ ) pada lembar jawaban anda dengan ketentuan sebagai berikut:
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Konsentrasi
belajar saya terhadap PPKn cukup baik
|
|
|
|
|
2
|
Setiap
ada pekerjaan rumah, saya kerjakan dengan dengan sebaik-baiknya
|
|
|
|
|
3
|
Saya
merasa lega apabila saya dapat mengerjakan soal-soal PPKn
|
|
|
|
|
4
|
Saya
tidak mendengarkan setiap guru memberikan penjelasan
|
|
|
|
|
5
|
Walaupun
memiliki buku selain buku pegangan, saya tetap tidak akan dapat mengerjakan
latihan soal-soal PPKn dengan baik
|
|
|
|
|
Ket:
a). SS : jika anda sangat setuju
b) S: jika anda setuju
c). TS: jika anda tidak setuju
d). STS: jika anda sangat tidak
setuju
- Instrument
Daftar cek
Daftar cek adalah
daftar untuk melihat atau memeriksa. Instrument daftar cek ini untuk melihat
sikap sosial orang pada pembelajaran ppkn
1. Identitas siswa
a. Nama
: Muhamad Ali
b. Kelas
: X
c. Jenis
kelamin : Laki-laki
d. Hari/tanggal
observasi: selasa/ 21 november 2017
e. Lokasi
observasi : kels X semester 2
f. Mata
pelajaran : pendidikan
kewarganegaraan
g. Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
II. Aspek yang di observasi :
peranan siswa kelas x semester 2 dalam
mengikuti kegiatan
pembelajaran
ppkn
No
|
Peranan siswa dalam kegiatan
pembelajaran ppkn
|
Nilai
|
||
Ya
|
Tidak
|
|
||
1
|
Mendengarkan
pembicaraan guru
|
|
|
|
2
|
Merespon
pembicaraan guru
|
|
|
|
3
|
Berinisiatif
menggunakan alat bantu ketika menjelaskan atau merespon
|
|
|
|
4
|
Mau
bertanya kepada guru dan sesama teman terkait pembelajaran yang sulit
|
|
|
|
5
|
Dapat
menghubungkan antara materi satu dengan satu dengan materi dengan lain dalam
menyampaikan persoalan
|
|
|
|
6
|
Ada
kemauan untuk menyelesaiakan persoalan
|
|
|
|
7
|
Menyelesaikan
persoalan dengan cara bermusyawarah
|
|
|
|
8
|
Kemampuan
berkomunikasi dengan guru dan teman
|
|
|
|
9
|
Menjalani
dengan ungkapan pendapat
|
|
|
Ket:
Centang
iya = jika setuju dengan pernyataan
Centang
tidak = jika tidak setuju dengan
pernyataan
Komentar
Posting Komentar