Langsung ke konten utama

TUGAS KELAS "REVISI TUGAS 8" INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF



TUGAS 8 REVISI
( Selasa, 21 November 2017)



NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
NAMA: NUR FAUZIAH
NIM:  (E1B115051)

NAMA:  NUR HIDAYATULLAH
NIM: ( E1B115052)

NAMA: TAJUDDIN
NIM:  (E1B115069)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KERGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2017/2018







Nama
Nur Hidayatullah
Nim
E1B115052
Kelas
Reg. sore V B


Sesuai dengan kelompok, susunlah instrumen tes afektif jenis:
  1. Penilaian proyek
  2. Kuesioner inventori
  3. Daftar cek


  1. Penilaian proyek
a.       Pengertian
Penilaian proyek adalah penilaian yg berbasis kelas, mksudnya penilaiannya hanya dilakukan dalam kls saja, untuk mengetahui kemampuan komprehensif atau menyeluruh baik pengetahuan maupun sikap.

b.      KD dan Indikator
KD 2.5 Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan
             bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
Indikator:
2.5.1. Menunjukan perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.2. Menunjukan sikap yang harmoni keberagaman dalam kehidupan
           bermansyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia
2.5.3. Mengidentifikasi perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.4. Mengidentifikasi perilaku yang harmoni dalam kehidupan bermasyarakat,
          berbangsa dan bernegara Indonesia

c.       Format penilaian
Mata pelajaran                   : PPKn
Nama proyek                     : toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan
  bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
       Alokasi waktu                  : 2x 45 menit
      Guru pembimbing             : Nur Hidayatullah
      Nama siswa/siswi              : Rizwan Abdul Aziz
      No. Absen                         : 21
      Kelas/semester                  : X / 2

No
Aspek yang dinilai
Nilai
1
2
3
4
1
Alasan pemilihan proyek




2
Pengetahuan yang mendukung




3
Rancangan kegiatan
a.       Persiapan
b.      Rumusan judul




4
Proses kegiatan
a.       Sistematika penulisan
b.      Keakuratan sumber sumber data/informasi
c.       Kuantitas sumber data
d.      Penarikan
e.       Kesimpulan




5
Laporan proyek
a.       Tampilan PPT
b.      Performans




6
Presentasi / penguasaan materi




Jumlah

Skror


Skor maksimum = 48
Ket:
Sangat tepat = 4, tepat = 3, kurang tepat = 2, tidak tepat = 1

  1. Kuesioner inventori
a.       Pengertian
Kuisioner adalah Dafter pertanyaan untuk melakukan sesuatu. Kuisioner atau angket ada dua macam yakni Terbuka ( tidak disedikan jawabannya ) dan tertutup (disediakan jawabannya )
Inventori untuk melihat pendapat seseorang
Jadi, Kuisioner inventori adalah daftar yg berhubungan dengan pertanyaan-pertanyaan atau pernyatan untuk mengtahui sesuatu

b.      KD dan Indikator
KD 2.5 Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan
             bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
Indikator:
2.5.1. Menunjukan perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.2. Menunjukan sikap yang harmoni keberagaman dalam kehidupan
           bermansyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia
2.5.3. Mengidentifikasi perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
2.5.4. Mengidentifikasi perilaku yang harmoni dalam kehidupan bermasyarakat,
          berbangsa dan bernegara Indonesia

c.       Format penilaian
Nama                     : Kirana permata
Jenis kelamin         : perempuan
Kelas                     : X semester 2
No. absen              : 25
      Alokasi wakt         : 2 X 45 menit
Petunjuk penggunaan angket
1.      Perhatikan petunjuk khusus sebelum anda mengisi angket
2.      Pilihlah satu jawaban yang paling tepat sesuai dengan kondisi anda, dan perlu diketahui bahwa semua jawaban yang tersedia adalah benar
3.      Bubuhkan tanda centang (√ ) pada lembar jawaban anda dengan ketentuan sebagai berikut:

No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1
Konsentrasi belajar saya terhadap PPKn cukup baik




2
Setiap ada pekerjaan rumah, saya kerjakan dengan dengan sebaik-baiknya




3
Saya merasa lega apabila saya dapat mengerjakan soal-soal PPKn




4
Saya tidak mendengarkan setiap guru memberikan penjelasan




5
Walaupun memiliki buku selain buku pegangan, saya tetap tidak akan dapat mengerjakan latihan soal-soal PPKn dengan baik





Ket:
a). SS : jika anda sangat setuju
b) S: jika anda setuju
c). TS: jika anda tidak setuju
d). STS: jika anda sangat tidak setuju

  1. Instrument Daftar cek
Daftar cek adalah daftar untuk melihat atau memeriksa. Instrument daftar cek ini untuk melihat sikap sosial orang pada pembelajaran ppkn

1.      Identitas  siswa
a.       Nama                           : Muhamad Ali
b.      Kelas                           : X
c.       Jenis kelamin               : Laki-laki
d.      Hari/tanggal observasi: selasa/ 21 november 2017
e.       Lokasi observasi          : kels X semester 2
f.       Mata pelajaran             : pendidikan kewarganegaraan
g.      Alokasi waktu             : 2 x 45 menit

II. Aspek yang di observasi : peranan siswa kelas x semester 2 dalam  mengikuti kegiatan
                                               pembelajaran ppkn

No
Peranan siswa dalam kegiatan pembelajaran ppkn
Nilai

Ya
Tidak

1
Mendengarkan pembicaraan guru


2
Merespon pembicaraan guru


3
Berinisiatif menggunakan alat bantu ketika menjelaskan atau merespon


4
Mau bertanya kepada guru dan sesama teman terkait pembelajaran yang sulit


5
Dapat menghubungkan antara materi satu dengan satu dengan materi dengan lain dalam menyampaikan persoalan


6
Ada kemauan untuk menyelesaiakan persoalan


7
Menyelesaikan persoalan dengan cara bermusyawarah


8
Kemampuan berkomunikasi dengan guru dan teman


9
Menjalani dengan ungkapan pendapat




 
Ket:
Centang iya =  jika setuju dengan pernyataan
Centang tidak =  jika tidak setuju dengan pernyataan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...

tugas kelas

Nama Nur hidayatullah NIM E1B115052 Tugas Kelas (Selasa, 19 September 2017) Soal: 1.       Jelaskan hakekat evaluasi, penilaian, pengukuran dan asesmen 2.       Jelaskan prasyarat yang diperlukan pada penilaian evaluasai, penilaian, pengukuran, dan asesmen 3.       Jelaskan hubungan antara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen 4.       Buatlah bagan yang menjelaskan hubungan anatara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan asesmen 5.       Jelaskan fungsi formatif, sumatif, dan diagnostic pada pembelajaran PPKn Jawab: 1.       Penjelasannya antara lain: a.        evaluasi adalah proses sistematis unuk menentukan nilai sesuatu yang berupa tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, ataupun objek yang di dasarkan pada krit...