Langsung ke konten utama

INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF



TUGAS 8 OUT CLASS
( selasa, 07 november 2017)



NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
NAMA: NUR FAUZIAH
NIM:  (E1B115051)

NAMA:  NUR HIDAYATULLAH
NIM: ( E1B115052)
NAMA: TAJUDDIN
NIM:  (E1B115069)







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KERGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2017/2018





Sesuai dengan kelompok, susunlah instrumen tes afektif jenis:
  1. Penilaian proyek
  2. Kuesioner inventori
  3. Daftar cek


  1. Penilaian proyek
Mata pelajaran             : PPKn
Nama proyek               : powerpoint tentang contoh sistem hukum dan peradilan nasional
  dalam lingkup NKRI
Alokasi waktu             : 2x 45 menit
Guru pembimbing       : Nur Hidayatullah

Nama siswa/siswi        :
No. Absen                   :
Kelas:                          :


No
Aspek yang dinilai
Nilai
1
2
3
4
1
Alasan pemilihan proyek




2
Pengetahuan yang mendukung




3
Rancangan kegiatan
a.       Persiapan
b.      Rumusan judul




4
Proses kegiatan
a.       Sistematika penulisan
b.      Keakuratan sumber sumber data/informasi
c.       Kuantitas sumber data
d.      Penarikan
e.       kesimpulan





5
Laporan proyek
a.       tampilan PPT
b.      performans




6
Presentasi / penguasaan materi




Jumlah

Skror
26



  1. Kuesioner inventori
Nama               :
Jenis kelamin   :
Kelas               :
No. absen        :
Nama sekolah  :

Petunjuk penggunaan angket
1.      Perhatikan petunjuk khusus sebelum anda mengisi angket
2.      Pilihlah satu jawaban yang paling tepat sesuai dengan kondisi anda, dan perlu diketahui bahwa semua jawaban yang tersedia adalah benar
3.      Bubuhkan tanda centang (√ ) pada lembar jawaban anda dengan ketentuan sebagai berikut:
a). SS : jika anda sangat setuju
b) S: jika anda setuju
c). TS: jika anda tidak setuju
d). STS: jika anda sangat tidak setuju


No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1
Konsentrasi belajar saya terhadap PPKn cukup baik




2
Setiap ada pekerjaan rumah, saya kerjakan dengan dengan sebaik-baiknya




3
Saya merasa lega apabila saya dapat mengerjakan soal-soal PPKn




4
Saya tidak mendengarkan setiap guru memberikan penjelasan




5
Walaupun memiliki buku selain buku pegangan, saya tetap tidak akan dapat mengerjakan latihan soal-soal PPKn dengan baik






  1. Instrument Daftar cek
1.      Identitas  siswa
a.       Nama                                       : Muhamad Ali
b.      Kelas                                       : X
c.       Jenis kelamin                           : Laki-laki
d.      Hari/tanggal observasi : selasa/7 november 2017
e.       Lokasi observasi                      : kels X semester 2
f.       Mata pelajaran                         :pendidikan kewarganegaraan

II. Aspek yang di observasi                  : peranan siswa kelas x semester 2 dalam  mengikuti kegiatan pembelajaran ppkn

No
Peranan siswa dalam kegiatan pembelajaran ppkn
Nilai
1
2
3
4
1
Mendengarkan pembicaraan guru




2
Merespon pembicaraan guru




3
Berinisiatif menggunakan alat bantu ketika menjelaskan atau merespon




4
Mau bertanya kepada guru dan sesama teman terkait pembelajaran yang sulit




5
Dapat menghubungkan antara materi satu dengan satu dengan materi dengan lain dalam menyampaikan persoalan




6
Ada kemauan untuk menyelesaiakan persoalan




7
Menyelesaikan persoalan dengan cara bermusyawarah




8
Kemampuan berkomunikasi dengan guru dan teman




9
Menjalani dengan ungkapan pendapat




 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instumen tes kognitif pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123, serta menjodohkan)

Nama Nur Hidayatullah NIM E1B115052 Tugas 7 evaluasi pembelajaran Selasa, 31 oktober 2017 Soal: Susunlah instrument tes kognitif jenis pilihan ganda variatif (sebab akibat, pola 123), serta menjodohkan. Massing-masing satu item tes (c1-c6) Jawab: KD 3.7. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kurikulum 2013 revisi 2016) A.     Contoh soal pilihan ganda sebab-akibat 1.       Sebab Menurut kelompok kerja Lemhanas Wawasan Nusantara diusulkan untuk menjadi Tap MRP, yang dibuat pada tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis Akibat Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional a.       ...

Tugas 9

TUGAS 9 OUT CLASS ( selasa, 14 november 2017) TUGAS 9 OUT CLASS EVALUASI PEMBELAJARAN Selasa, 14 November 2017 Sesuai dengan kelompok, menyususn instrument Tes Afektif jenis: a.        Penilaian Teman Sejawat/sebaya b.       Penilaian Diri c.        Penilaian portofolio KD 3.8. Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. a.        Penilaian teman sebaya/sejawat Petunjuk Berilah tanda cek ( √ ) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai beriku: Skor 4 = selalu melakukan sesuai dengan pernyataan Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai dengan pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan Skor 2 = kadang-kadang apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaku...

INSTRUMEN PENILAIAN TES KOGNITIF PILIHAN GANDA DAN URAIAN

TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN (Selasa, 17 Oktober 2017) Nama keompok Nama Nur fauziah Nim E1B115051 No hp 082342350913 E-mail nurfauziah09091995@gmail.com Nama Nur Hidayatullah Nim E1B115052 No hp 085237593452 E-mail nurhidayatullah0904nur@gmail.com Nama Tajuddin Nim E1B115069 No hp 085338280423 E-mail 3112tajuddinpkn94@gmail.com PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2017/2018 Nama : Tajuddin Nim    : E1B115069 E-mail:3112tajuddinpkn94@gmail.com                        ...