TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN
(Selasa, 17 Oktober 2017)
Nama
keompok
Nama
|
Nur
fauziah
|
Nim
|
E1B115051
|
No
hp
|
082342350913
|
E-mail
|
Nama
|
Nur
Hidayatullah
|
Nim
|
E1B115052
|
No
hp
|
085237593452
|
E-mail
|
Nama
|
Tajuddin
|
Nim
|
E1B115069
|
No
hp
|
085338280423
|
E-mail
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2017/2018
Nama : Tajuddin
Nim : E1B115069
E-mail:3112tajuddinpkn94@gmail.com
No
hp : 085338280423
TUGAS
5 OUT CLASS
Selasa,
17 Otober 2017
Soal:
·
Pelajari kembali secara seksama Tugas 4
Out Class.
·
Bacalah referensi tentang Buku Paket
PPKN sesui dengan kelompok anda (Tugas 3).
·
Sesuai
dengan kelompok anda
(Tugas 3), susunlah
instrumen Tes Kognitif
jenis Pilihan Ganda Biasa dan
Uraian, masing-masing satu item tes (C1 sampai dengan C6).

1. Apakah yang dimaksud dengan beriman dan bertakwa?
2. Sebutkan 3 bentuk prilaku yang berakhlak mulia
dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa?

1. Kata taqwa itu berasal dari bahasa arab, yang
berarti…………..
a.Maaf
b.Sabar
c.Takut
d.Tentram
e. Bahagia
2. Percaya
secara penuh kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan defenisi….
a.Takwa
b. Iman
c. Rajin
d.Takabbur
e. Sabar
3.Yang manakah yang termasuk aspek ibadah sebagai
ciri-ciri orang bertaqwa….
a.Semabahyang
b.Jujur
c.Sabar
d.Adil
ePemaaf
4. Abstraksi
dari sejumlah besar individu atau manusia yang memiliki ciri-ciri yang sama dan
karena ciri-ciri itu mereka merasa, berfikir, dan berbuat disebut……….
a.Bangsa
b. Negara
c.Individu
d.Perkumpulan
e.Suku
5.Siapakah
yang bertanggung jawab atas terlaksananya perdamaian dunia?
a.Indonesia
b. Negara maju
c.Negara
berkembang
d.Semua
negara di dunia
e.Amerika
NAMA
|
NUR
FAUZIAH
|
NIM
|
E1B115051
|
NO
HP
|
082342350913
|
E-MAIL
|
TUGAS
5 EVALUASI PEMBELAJARAN
SELASA
17 OKTOBER 2017
KD
3.7 KLS X SEMESTER GENAP
MENGURAIKAN
INDIKATOR ANCAMAN TERHADAP NEGARA DALAM MEMBANGUN INTEGRASI NASIONAL DENGAN
BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA
Contoh
instrument tes kognitif soal pilihan ganda:
1. Kondisi
dinamika yaitu suatu bangsa yang berisi ketangguhan dan keuletan yang bisa
mengembangkan ketahanan, kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatsi segala
hambatan tantangan, dan ancaman baik yang berasal dari dalam maupun dari luar
merupakan pengertian dari… (c1)
a. Ancaman
b. Ketahanan
nasional
c. Pertahanan
dan keamanan
d. Ideology
e. disintegrasi
2. Hal
yang mendorong integrasi nasional bangsa Indonesia adalah…(c2)
a. Etnosentrisme
b. Sikap
individualistis
c. Semangat
sumpah pemuda
d. Otonomi
daerah
e. Demokratisasi
3. Berikut
ini yang bukan merupakan hal-hal yang membedakan bangsa Indonesia berbhineka adalah.. (c2)
a. Agama
b. Budaya
c. Suku
bangsa
d. Ideology
e. Paham
politik
4. Berikut
ini yang bukan merupakan hal-hal yang bisa menghambat terjadinya integrasi
nasional adalah.. (c2)
a. Kemiskinan
b. Wilayah
yang luas
c. Etnosentrisme
d. Ekstrimisme
e. Toleransi
5. Hal
positif yang dapat dipetik dari kondisi bangsa Indonesia yang beraneka adalah..
(c3)
a. Menjadi
kekayaan bangsa
b. Potensi
politik
c. Sumber
perpecahan
d. Rentan
desintegrasi bangsa
e. Menurunkan
ketahanan nasional
6. Ancaman
terhadap suatu wilayah Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI) merupakan
ancaman terhadap segenap bangsa Indonesia. Pernyataan ini merupakan perwujudan
wawasan nusantara sebagai suatu kesatuan.. (c2)
a. Ideologi
b. Politik
c. Ekonomi
d. Social
budaya
e. Pertahanan
keamanan
7. Ketangguhan
suatu bangsa dalam menghadapi tantangan, ancaman, gangguan, dan hambatan yang
masuk dari dalam maupun dari luar untuk melangsungkan kehidupan berbangsa dan
bernegara adalah pengertian dari…(c1)
a. Wawasan
nusantara
b. Wawasan
nasional
c. Bhineka
tunggal ika
d. Ketahanan
nasional
e. Nasionalisme
8. Dalam
sejarah perjuangan bangsa Indonesia, keanekaragaman bangsa kita telah sukses
dalam mendobrak kesombongan kolonialisme karena adanya unsur-unsur perekat
integrasi nasional, yaitu… (c2)
a. Nasib
dan cita-cita
b. Rasa
persaudaraan
c. Kekayaan
bangsa
d. Bahsa
melayu
e. Kesamaan
agama
9. Berikut
ini yang bukan merupakan ancaman integrasi nasional bagi bangsa Indonesia
adalah…(c2)
a. Desintegrasi
bangsa
b. Keresahan
social
c. Keinginan
untuk mengubah pancasila sebagai ideology
d. Maker
terhadap pemerintah sudah sah
e. Demokratis
10. Yang
bukan merupakan hambatan dalam mencapai integrasi nasional dapat dilihat
sebagai berikut…(c2)
a. Korupsi,kolusi,
dan nepotisme
b. Rendahnya
mutu SDM
c. Ketidak
percayaan kepada pemerintah
d. Kemiskinan
e. Disintegrasi
bangsa
Contoh
instrument tes kognitif soal uraian (Esai) :
1) Apakah
yang dimaksud dengan integrasi nasional ? (C4)
2) Kemukakan
hal-hal yang mendorong integrasi nasional ? (C5)
3) Apa
saja ancaman yang datang dari dalam dan luar negri terhadap integrasi nasional
? (C4)
4) Sebut
dan jelaskan berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam proses
integrasi bangsa ? (C4)
5) Jelaskan
beberapa hambatan-hambatan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam proses
integrasi nasional ? (C5)
NAMA
|
NUR
HIDAYATULLAH
|
NIM
|
E1B115052
|
NO
HP
|
+62
852 3759 3452
|
E-MAIL
|
TUGAS 5 EVALUASI PEMBELAJARAN
(Selasa, 17 Oktober 2017)
Soal:
·
Pelajari kembali secara seksama Tugas 4
Out Class.
·
Bacalah referensi tentang Buku Paket
PPKN sesui dengan kelompok anda (Tugas 3).
·
Sesuai
dengan kelompok anda
(Tugas 3), susunlah
instrumen Tes Kognitif
jenis Pilihan Ganda Biasa dan
Uraian, masing-masing satu item tes (C1 sampai dengan C6).
Jawab:
Kompetensi
dasar
3.8
Menganalisis tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari
konteks sejarah dan geopolitik di Indonesia
Bentuk
tes menggunakan instrumen penilaian kognitif
A. Pilihan
ganda
1. Untuk
C1 (pengetahuan/knowledge)
·
Apa istilah/asal kata bangsa berasal
dari bahasa ?
a.
Latin
b.
Lokal
c.
Non-lokal
d.
Sastra
·
Kata bangsa berarti nation, hal ini berasal dari negara ?
a. Jerman
b. Belanda
c. Inggris
d. Perancis
2. Untuk
C2 (pemahaman/comprehension)
·
Pengertian berbangsa adalah suatu kelompok
manusia yang memiliki karakter (watak) yang sama yang terbentuk karena adanya
perasaa senasib yang sama. Pengertian tersebut menurut pendapat?
a. Jacobsen
dan Lipmann
b. Hanz
Kohn
c. Friederich
Ratzel
d. Otto van Bauer
·
Menurut pendapat Prof. R. Djoko Soetono,
SH pengertian negara yang tepat dibawah
ini adalah?
a.
Negara adalah organisasi
masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku
sepenuhnya sebagai souverien (kedaulaan)
b.
Negara adalah organisasi masyarakat yang
bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya
c.
Negara adalah organusasi manusia atau
kumpulan manusia yang berada dibawah pemerintahan yang sama
d.
Negara adalah organisasi kekuasaan atau
organisasi kewibawaan yang memenuhi persyaratan tertentu yaitu harus ada
pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu dan rakyat yang hidup teratur
sehingga merupakan suatu nation (
bangsa)
3. Untuk
C3 (penerapan/application)
·
Kesadaran berbangsa dan bernegara dapat
muncul karena didorong oleh hal-hal anatara lain:
a. Tingkat
keamanahan seorang penjabat,
b. Keadilan
dalam memberikan hak dan kewajiban,
c. Tegasnya
hukum dan aturan pemerintahan
d.
Semua jawaban benar
B. Uraian/esay
1. Untuk
C4 (menganalisis/analysis)
·
Coba anda jelaskan atau uraian dari
pengertian kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek
sejarah/historinya!
·
Coba amda jelaskan atau uraiankan dari
pengertian kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari aspek geopolitiknya!
2. Untuk
C5 (sintesis/syntesis)
Menurut anda, pentingkah seseorang mempunyai
kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik
di Indonesia? Jika iya coba jelaskan dan jika tidak coba di jelaskan!
3. Untuk
C6 (penilaian/evaluation)
Dari hasil bacaan anda pada buku paket/ LKS coba
rangkumkan mengenai kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks
sejarah dan geopolitik dindonesia!
Komentar
Posting Komentar