Nama
|
Nur
Hidayatullah
|
Nim
|
E1B115052
|
No
hp
|
+62
852-3759-3452
|
blog
|
mynewblognurhidayatullah.blogspot.com
|
E-mail
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER ONLINE
Selasa, 24
Oktober 2017
1.
Buat
peta konsep keterkaitan antara pengukuran, penilaian, asesmen, evaluasi. Dan
penjelasannya

Penjelasan bagan: seorang guru
melakukan evaluasi terhadap siswa/siswinya didalam kelas maupun diluar kelas.
Untuk memperoleh hasil evaluasi tersebut guru harus melalui proses sebagai
berikut:
a.
Pengukuran,
guru melakukan pengukuran untuk mengetahui hasil belajar setelah proses belajar
mengajar. Pengukuran dilakukan dengan alat instrument kognitif (tes) dan
afektif, psiko (non tes untuk mengetahui angka)
b.
Penilaian,
penilaian merupakan pengambilan keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada
ukuran tertentu seperti penilaian baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai
atau bodoh , tinggi atau rendah. Pada penilain ada kriteria penilain ada dua
yakni penilaian pokok (PAP) dan penialaian (PAN)
c.
Asesmen,
sebagai penilaian proses, kemajuan dan hasil belajar siswa. Didalam asesmen
terdapat suatu pertimbangan
d.
Evaluasi,
merupakan proses sistematis untuk menentukan nilai suatu yang berupa tujuan kegatan,
keputusan, unjuk kerja, proses, ataupun objek yag didasarkan pada kriteria
tertentu. Didalam evaluasi tersebut terdapat suatu keputusan yang menunjukan
lulus atau tidak nya siswa/siswi
2.
Pilih
satu kd serta susun indicator, dan tujuan pembelajarannya
a.
KD
3.8 Menganalisis tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat
dari konteks sejarah dan geopolitik di Indonesia
b.
Indikator
kd 3.8
a)
3.8.1
Menyebutkan istilah/asal kata dari kesadaran, berbangsa, dan bernegara
b)
3.8.2
Menjelaskan pengertian berbangsa dan bernegara menurut para ahli
c)
3.8.3
Mengidentifikasi dampak terjadinyasejarah dan geopolitik di Indonesia
d)
3.8.4
Menganalisis dampak terjadinya sistem sejarah dan geopolitik di Indonesia
e)
3.8.5
Menyimpulkan dampak terjadinya sejarah dan geopolitik di Indonesia
f)
3.8.6
Merangkum dampak sejarah dan geopolitik di Indonesia
c.
Tujuan
pembelajaran
a)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat Menyebutkan istilah/asal kata
dari kesadaran, berbangsa, dan bernegara
b)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat Menjelaskan pengertian berbangsa
dan bernegara menurut para ahli
c)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat Mengidentifikasi dampak
terjadinyasejarah dan geopolitik di Indonesia
d)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat Menganalisis dampak terjadinya
sistem sejarah dan geopolitik di Indonesia
e)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat Menyimpulkan dampak terjadinya
sejarah dan geopolitik di Indonesia
f)
Melalui
kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, siswa kelas X semester genap diharapkan dapat Merangkum dampak sejarah dan
geopolitik di Indonesia
3.
Dari
Kd tersebut, Contoh soal essay
Contoh Geopolitik yang terjadi di Asia Selatan dan di Indonesia
(Untuk soal no4-6)
Contoh
Kasus Geopolitik di Indonesia adalah Negara Indonesia dan Malaysia
sudah sering kali mengalami ketegangan dalam beberapa masalah konflik antara
lain konflik kebudayaan, sosial dan batas wilayah territorial. Konflik
kebudayaan antara lain pihak Malaysia mengklaim bahwa batik, reog ponorogo dan
angklung dll nya itu merupakan kebudayaan asli mereka. Dalam konteks sosial
tenaga kerja kita yaitu para TKI yang bekerja di Malaysia mengalami penyiksaan
disana yang dilakukan oleh para majikan nya yaitu pihak warga masyarakat
Malaysia yang secara tega menyiksa tenaga kerja Indonesia kita sampai luka-luka
dan ada juga yang sampai meninggal, sungguh ironis jika mendengar kabar itu.
Dan satu lagi konflik tentang batas teritorial, disini pihak Malaysia
mengkalaim beberapa pulau yang berada di daerah Indonesia adalah kepunyaan atau
miliki Negara Malaysia. Terdapat dua buah kasus yang melibatkan tentang batas
teritorial antar kedua Negara ini, yaitu kasus pertama pulau Ambalat dan yang kedua
pulau Sipadan dan Ligitan. Kedua
pulau ini di klaim oleh pihak Malaysia bahwa pulau ini termasuk ke wilayah
dalam Negara Malaysia padahal yang sesungguhnya ke dua pulau ini merupakan
bagian pulau-pulau kecil yang termasuk ke wilayah Indonesia.
Hal
yang ingin di bahas lebih lanjut yaitu konflik antar batas wilayah antara
Indonesia dan Malaysia yang melibatkan pulau sipadan dan ligitan.
sengketa Sipadan dan ligitan adalah persengketaan antara
pihak Indonesia dan Malaysia atas pemilikan terhadap kedua pulau yang berada di
selat makasar yaitu pulau sipadan (luas 50.000 meter2) dengan
koordinat 4o6’52.86 N 118o 37’43.52 E dan pulau
ligitan(luas:18.000meter2)dengan koordinat 4o9’N 118o 53’E.
Kronologi Persengketaan antara
Indonesia dengan Malaysia, mencuat pada tahun 1967 ketika dalam pertemuan
teknis hukum laut antara kedua negara, masing-masing negara ternyata memasukkan
pulau Sipadan dan pulau Ligitan ke dalam batas-batas wilayahnya. Kedua negara
lalu sepakat agar Sipadan dan Ligitan dinyatakan
dalam keadaan status status quo akan tetapi ternyata
pengertian ini berbeda. Pihak Malaysia membangun resort parawisata baru yang
dikelola pihak swasta Malaysia karena Malaysia memahami status quo sebagai
tetap berada di bawah Malaysia sampai persengketaan selesai, sedangkan pihak
Indonesia mengartikan bahwa dalam status ini berarti status kedua pulau masih
tidak boleh ditempati atau diduduki sampai persoalan atas kepemilikan dua pulau
ini selesai. Pada tahun 1969 pihak Malaysia secara sepihak memasukkan kedua
pulau tersebut ke dalam peta nasionalnya. Yang akhirnya pihak Indonesia membawa
permasalahan ini ke jalur hukum mahkamah internasional.
Keputusan
Mahkamah Internasional Pada tahun 1998 masalah sengketa Sipadan dan Ligitan
dibawa ke ICJ, kemudian pada hari Selasa 17 Desember 2002 ICJ
mengeluarkan keputusan tentang kasus sengketa kedaulatan Pulau Sipadan-Ligatan
antara Indonesia dengan Malaysia. Hasilnya, dalam voting di lembaga itu,
Malaysia dimenangkan oleh 16 hakim, sementara hanya 1 orang yang
berpihak kepada Indonesia. Dari 17 hakim itu, 15 merupakan hakim tetap dari MI,
sementara satu hakim merupakan pilihan Malaysia dan satu lagi dipilih oleh
Indonesia. Kemenangan Malaysia, oleh karena berdasarkan pertimbangan effectivity (tanpa
memutuskan pada pertanyaan dari perairan teritorial dan batas-batas
maritim).
Sungguh
ironis sekali kita mendengar hasil keputusan itu, kita sebagai Negara yang
besar, Negara kepulauan dan Negara maritim harus kalah dan rela melepaskan
pulau-pulau kecil yang berada di wilayah bangsa ini. Ketiga pulau ini
yaitu ambalat, sipadan dan ligitan harus
rela keluar dari Negara kesatuan Replublik Indonesia (NKRI) tercinta kita ini
dan malah masuk ke dalam wilayah Malaysia yang jelas-jelas bahwa
sebenarnya ketiga pulau ini termasuk ke wilayah Indonesia. Kenapa pihak
Malaysia menginginkan ketiga pulau ini? Salah satunya adalah pihak Malaysia
mengincar sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Di ketiga pulai itu
masing-masing mengandung berbagai macam mineral dan minyak bumi. Dan kenapa
pula pihak Indonesia ingin tetap mempertahankan ketiga pulau ini sebagai bagian
wilayahnya? Karena Indonesia ingin mempertahankan pulau-pulau yang dahulunya
sudah di bentuk oleh para founding fathers kita dengan susah payah dalam hal
mempertahankan dan merebutnya dari para penjajah
a)
Apa
istilah/asal kata dari kesadaran, berbangsa, dan bernegara?
b)
Menjelaskan
pengertian berbangsa dan bernegara menurut para ahli
c)
Mengidentifikasi
dampak terjadinyasejarah dan geopolitik di Indonesia
d)
Menganalisis
dampak terjadinya sistem sejarah dan geopolitik di Indonesia yang berkaitan
dengan sengketa Indonesia dan Malaysia
e)
Menyimpulkan
dampak terjadinya dari sengketa Geopolitik yang terjadi di Asia Selatan dan di Indonesia
f)
Dari
contoh kasus tersebut, coba buatkan rangkuman
Harrah's Cherokee Casino Resort Map & Reviews
BalasHapusHarrah's Cherokee Casino Resort is ranked by travel 진주 출장안마 writers as 수원 출장안마 the Best Casino in Cherokee 수원 출장안마 for 2021. From $120 순천 출장안마 to Harrah's Cherokee Casino 용인 출장마사지 Resort.